Resmi Dimulai, Presiden Jokowi Menerima Vaksin Perdana Covid-19

Kesehatan92 Dilihat

Jakarta, Bongkar86.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini menjadi orang pertama yang di Vaksinasi, kegiatan yang digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/1/2021), sekitar pukul 09:15 WIB pagi.

Penyuntikan vaksinasi kepada Jokowi akan dilakukan oleh tim dokter kepresidenan. Mereka akan dibantu oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, yang mengatakan, para menteri akan menjalani vaksinasi pada hari yang berbeda dan akan dikoordinasikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Menteri beda hari. Para menteri ada sesi tersendiri bersama para pejabat eselon 1, akan dikoordinasikan oleh Menkes,” terang Heru.

Sebelum divaksin Presiden menjalani prosedur protokol kesehatan. Selain memakai masker, juga diukur suhu tubuh dan tensi/tekanan darah oleh petugas vaksin.

Sebelum menerima Vaksin Sinovac, Presiden Jokowi melakukan pemeriksaan tekanan darah, hasilnya 130/67. Selain itu melakukan pemeriksaan suhu, hasilnya 36,3 derajat celcius.

Presiden Jokowi selanjutnya diajukan beberapa pertanyaan oleh dokter. Diantaranya pertanyaan “apakah pernah terkonfirmasi Covid−19, mengalami gejala batuk, pilek, flu dan demam selama 7 hari terakhir”.

“Tidak. Ya batuk kecil saja,” ujar Presiden Jokowi sambil tertawa di Istana Merdeka, Rabu (13/1/2021).

Presiden Jokowi juga pastikan bahwa anggota keluarganya juga tidak alami gejala-gejala batuk, flu, pilek dan demam. Dia juga pastikan tidak memiliki sakit Jantung, Ginjal, dan Diabetes. Selanjutnya dokter yang memeriksa mendoakan Jokowi lancar disuntik vaksin.

“Amin. Terima kasih dokter,” kata Presiden Jokowi.

Setelah melakukan pemeriksaan tekanan darah, cek suhu, dan diajukan beberapa pertanyaan, Presiden Jokowi lantas duduk untuk bersiap disuntikkan vaksin. Adapun pihak yang bertugas menyuntikkan Vaksin Sinovac adalah Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Dr Abdul Muthalib.

“Tidak terasa sama sekali,” ujar Presiden Jokowi, menjawab pertanyaan dokter.

Setelah disuntik vaksin, Presiden lantas menunggu selama 30 menit. Waktu tersebut ditujukan untuk melihat apakah ada gejala reaksi alergi dari vaksin. Sambil menunggu, Presiden Jokowi juga melihat peserta lain yang turut disuntikkan vaksin.

Vaksinasi covid-19 akan dimulai secara nasional dilakukan mulai hari ini Rabu (13/1/2021).(tim/red)

Komentar