Dinkes Sumenep Lakukan Vaksinasi Covid-19 Kepada Tenaga Kesehatan Secara Serentak

Kesehatan46 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, melalui Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19 Sinovac secara simboli di Pendopo Agung. Kamis 28/1/2021

Untuk mencegah kerumunan dalam pelaksanaan vaksin tersebut Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono hanya mengambil 13 orang yang terdiri dari anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh Agama dan perwakilan tokoh masyarakat.

Sementara orang pertama kali yang divaksin yaitu Komandan Kodim (Dandim) 0827 Sumenep, Letkol Inf Nur Cholis, A.Md dan disusul oleh anggota Forkopimda lainnya serta tokoh agama dan masyarakat.

Usai pelaksanaan vaksin, Bupati Sumenep A. Busyro Karim mengatakan bahwa pelaksanaan vaksin Covid-19 kepada Forkopimda, toga, tomas ini sebagai contoh supaya masyarakat tidak ragu atau takut untuk divaksin.

Bahkan, vaksin ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi wabah Covid-19 saat ini.

Menurut Buya, vaksin Covid-19 itu halal dan aman, sehingga masyarakat tidak usah terpengaruh dengan adanya informasi-informasi hoax saat ini yang banyak beredar dikalangan masyarakat.

Lanjut Buya, sedangkan untuk menerima vaksin atau divaksin itu ada beberapa kriteria siapa saja yang bisa atau tidak bisa diberikan vaksin.

Buya menegaskan, pelaksanaan vaksin kepada tenaga kesehatan se-Kabupaten Sumenep dua hari harus selesai baik di Puskesmas maupun pelayanan kesehatan lainnya.

Sedangkan untuk kepulauan harus menyesuaikan situasi kondisi cuaca serta jadwal transportasi laut untuk pengiriman vaksinnya.

Senada yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono menyampaikan bahwa pihaknya menyiapkan sebanyak 153 petugas vaksinator dan 81 operator untuk menyukseskan pelaksanaan vaksin Covid-19 yang merupakan hari pertama.

Selain itu, kata Agus juga dilakukan secara serentak pelaksanaan vaksin kepada 35 fasilitas kesehatan diantaranya 30 Puskesmas, RSUD dr. H. Moh. Anwar, RSI Kalianget, RSU Sumekar, Kantor Kesehatan Pelabuhan wilayah kerja Kalianget dan satu Klinik Pratama Polres Sumenep.(apo/rest)

Komentar