Launching Desa Siaga TBC Di Desa Grujugan, Kepala Puskesmas Gapura dr As’ad Bisa Menjadi Percontohan Tingkat Nasional

Infrastruktur46 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Launching Desa Siaga TBC Tuberkulosis di Desa Grujugan, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, untuk meminimalkan dan mencegah penderita TBC. Kamis 25/3/2021

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Puskesmas Gapura dr As’ad Zainudin usai acara di balai Desa Grujugan. Rabu 24/3/2021

Bahkan, kata dr Ar’ad desa siaga TBC ini merupakan pertama kali di Indonesia dengan tujuan agar masyarakat sumenep khususnya diwilayah Desa Grujugan bisa kami pantau secara utuh yang disport langsung oleh bapak kepala desa, Tim oleh BPD dan juga di sport langsung oleh STPI Indonesia.

Selain itu, kata dr As’ad, juga di kawal penuh oleh Dinas Kesehatan dan Pemda Sumenep, saat ini kami berjuang bersama agar Desa grujuen menjadi percontoan oleh semua pihak.

dr As’ad berharap dengan dilaunchingnya desa siaga ini bisa menjadi percontoan tingkat nasional, menjadi desa se e-KTP yang fokus untuk meminimalkan dan menghilangkan penderita TBC.

Sehingga teman-teman kesehatan bisa tercapai eliminasi TBC di Desa Grujugan dengan target kami di tahun 2021 ini juga bisa eliminasi walaupun target Kabupaten Sumenep ini adalah eliminasi 2024. Tetapi kami menargetkan Desa Grujugan menjadi percontoan 2021 bisa mengeliminasi TBC.

Sedangkan untuk level Nasional launching desa se e-KTP baru ada di Desa Grujugan Kecamatan Gapura Sumenep.

dr As’ad menjelaskan, untuk penderita TBC di Desa Grujugan ditahun 2020, itu kurang lebih ada 20 penderita dan yang sembuh ada 12 orang. Sedangkan tahun 2021 awal Maret dari 20 penderita alhamdulilah sudah tuntas semua.

Dengan tuntasnya penyakit TBC di Desa Grujugan, dr As’ad akan mengawal ketat agar tidak ada penularan dikeluarganya masing-masing sehingga ini tetap kami pantau.(Devi/Yati/Rest)

Komentar