Jalan di Kabupaten Probolinggo Banyak Yang Rusak, Warga Swadaya Perbaiki Jalan

Peristiwa134 Dilihat

Probolinggo, Bongkar86.com – Warga masyarakat Desa pedagangan kecamatan Tiris kabupaten Probolinggo. Berinisiatif swadaya memperbaiki jalan PUD, jalan kabupaten mulai dari Perbatasan Desa pesawahan Sampai perbatasan kabupaten Lumajang, yang mana, kondisi jalan sudah rusak parah dan sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas nya. 04/01/2024.

Warga masyarakat sangat antusias, dengan semangat yang tinggi, setelah terkumpul material yang di butuhkan walaupun malam hari warga masyarakat kompak dan semangat kerja bakti melakukan pengecoran jalan/ rabat beton. Adapun panjang jalan yang akan di rabat beton, kurang lebih, 8000 Miter ( 8km) panjangnya, dengan lebar 4 Miter, ketebalan 12 cm. Saat ini yang sudah selesai sekitar 400 Miter dengan lebar 2 Miter separuh jalan.

Jalan tersebut adalah jalan utama bagi 3 desa yaitu, desa pedagangan, desa Tegal watu, dan desa rejing, untuk menuju puskesmas Ranugedang, ke pasar dan ke wilayah kecamatan Tiris. Mirisnya. pemerintah kabupaten Probolinggo seakan akan tutup mata, walaupun sudah tau kondisi jalan yang sudah hancur.

Salah satu pengendara sepeda motor “SM” asal desa Tegalwatu, mengatakan kepada team Media Analis News yang tergabung di komunitas Jurnalis Nusantara TRABAS saat melintas di jalan yang sedang di perbaiki.

” Sebelum nya kami ucapkan trima kasih kepada warga masyarakat desa pedagangan, yang telah memperbaiki jalan yang tiap hari kami lalui.

Namun, tidak seharusnya masyarakat sampai swadaya seperti ini, kemana pemerintah kabupaten Probolinggo. Apakah karena jalan ada di pelosok Desa, sehingga tidak mendapatkan perhatian, tidak di prioritaskan. Kami juga rakyatnya, kami juga bayar pajak, kami juga butuh perhatian, adanya jalan rusak ini, juga bisa mengurangi Ekonomi kami, biasanya hasil panen kami para petani laku mahal, bisa laku murah karena di perhitungkan jalan nya juga.

Lanjut kata “SM” Selain ekonomi, jika ada warga masyarakat sakit mau di bawa ke puskesmas Ranugedang, apalagi mau melahirkan, tidak bisa kebayang bagaimana jadi nya jika lewat jalan yang rusak ini. Coba, bayangkan jika kluarga nya para pejabat yang sakit, lalu mau di bawa ke puskesmas melewati jalan seperti ini, coba renungkan, dan resapi itu dengan baik baik. ” Ucapnya.

Selanjutnya kordinator Swadaya masyarakat untuk Perbaikan jalan Rabat beton, “SU ” saat di konfirmasi team media yang tergabung di komunitas Jurnalis Nusantara TRABAS meminta. “Kami sebagai Koordinator pelaksanaan Rabat beton Jalan PUD Pesawahan Lumajang. Sangat berharap kepada Instansi terkait terutama Dinas PUPR kabupaten Probolinggo.

agar supaya melihat langsung bahwa di wilayah Tiris Barat ada Jalan PUD yang perlu diperhatikan. karena Jalan PUD ini sekitar 8 Tahun di masa kepemimpinan Bapak Kades Ahamd tidak pernah mendapatkan Sentuhan Dana dari App Daerah. kalau alasan Dinas, Instansi dalam hal ini yang berkompeten PUPR . Di Karena keterbatasan Anggaran, minimal Jalan PUD ini dicicil Pembangunan nya setiap tahun. sehingga tidak ada beban berat terhadap Anggaran Daerah. “Ucapnya.

Lebih lanjut team media mengkonfirmasi kepala Dinas PUPR, Hengki Cahyo Saputra, melalui watshap via chat, di kirim pula video warga masyarakat yang sedang melakukan pengecoran/ rabat beton. Namun, sampai berita ini di terbitkan kepala dinas PUPR memilih Bungkam.(Hajar/Apo)

Komentar