Didampingi Direktur RSUD Sumenep dr. Erliyati, Wabup Nyai Dewi Khalifah Kunjungi Pasien HD: Kesehatan Harta Sangat Berharga

Pemerintahan41 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Kunjungan Wakil Bupati Sumenep, Madura Jawa Timur, Hj. Dewi Khalifah, S.H., M.H. ke Gedung Hemodialisis dalam acara World Kidney Day’s (WKD) atau hari ginjal sedunia memberikan bingkisan sekaligus motivasi untuk pasien yang sedang menjalani cuci darah. Acara ini diselenggarakan oleh Instalasi Hemodialisis RSUDMA. Jumat (26/03/2021).

“Alhamdulilah saat ini rumah sakit umum daerah Dr. H. Moh. Anwar Sumenep, sudah bisa melakukan pelayanan melalui gedung HD (hemodialisis) yang baru, harapan kami mudah-mudahan pelayanan ini bisa lebih maksimal lagi,” tutur nyai Eva.

Pengasuh Ponpes Aqidah Usmuny itu juga menyampaikan beberapa pesan motivasi kepada pasien agar selalu bahagia dengan menerapkan pola hidup yang berkualitas.

Nyai Eva juga menyampaikan pesan kepada masyarakat khususnya pasien penderita HD agar senantiasa menjaga kesehatan serta melakukan deteksi dini ke puskesmas atau ke rumah sakit untuk beberapa penyakit yang berimplikasi kepada ginjal.

“Intinya kita jangan pernah mengentengkan penyakit yang diderita, karena insyaAllah semua penyakit itu ada obatnya hanya saja kita perlu ketelatenan agar bisa sembuh,” tegasnya.

“Harapan saya kepada masyarakat agar selalu sadar bahwa kesehatan adalah harta yang sangat berharga untuk kita karena jika kita sakit semua pekerjaan akan terbengkalai. Tetapi jika tubuh kita sehat insyaAllah kita dapat beraktifitas dengan lancar, termasuk beribadah,” lanjutnya

“Selamat untuk rumah sakit daerah Dr. H Moh. Anwar Sumenep, mudah-mudahan selalu memberikan manfaat untuk masyarakat,” tutup Nyai Eva

Pada kesempatan ini, Dokter Penanggung jawab Pasien Dr. Nur Muhammad Mujib Hasan, Sp.PD menyampaikan bahwa Instalasi Hemodialisis telah mengalami perkembang yang sangat baik sejak berdirinya hingga saat ini karena instalasi tersebut sudah dapat melayani pasien cuci darah hingga 19 pasien setiap harinya.

“Alhamdulilah dengan cuci darah kualitas pasien jadi lebih bagus meskipun (secara medis) mestinya lumpuh dan bisa meninggal. Kita harus hidup sehat, bahagia dan berkualitas. living well with kidney desease (Hidup berkualitas dengan penyakit ginjal)” tukas Dokter Mujib.

Dokter Mujib juga mewanti-wanti agar masyarakat senantiasa selalu memperhatikan kesehatannya dengan rajin memeriksakan diri jika ada gejala penyakit seperti diabetes.

“Kebanyakan pasien diabetes itu tidak merasakan gejalanya di awal, hingga akhirnya dia jatuh kepada gagal ginjal. Diet yang paling penting itu juga diet yang sehat, tidak merusak ginjal, tidak mengandung pengawet dan zat pewarna,’ terangnya.

Atas terselenggaranya kegiatan WKD tersebut, Direktur RSUDMA, Dr Erliyati, M.Kes menyampaikan terimakasih atas kinerja pegawai di Instalasi Hemodialisis karena telah melayani pasien dengan sangat baik.

“Kepada ibu Wabup saya juga mengucapkan banyak terimakasih karena sudah dapat meluangkan waktunya untuk memberikan perhatian dan pesan yang hangat kepada pasien RSUD dr. H. Moh. Anwar,” ucapnya.(nur/rest)

Komentar