Berikan Motivasi Bagi Koperasi Baru, Dinas Koperasi Sumenep Gelar Kegiatan Pendidikan Pelatihan Perkoperasian

Infrastruktur2 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, gelar kegiatan pendidikan pelatihan perkoperasian bagi koperasi.

Kegiatan tersebut bertempat di aula Koperasi Wanita Potre Koneng di Jl. Dr. Cipto, Kolor. Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari perwakilan lembaga pendidikan pelatihan kerja Jombang. Kamis 25/3/2021

Bahkan kegiatan diikuti oleh pengurus koperas se Kabupaten Sumenep baik daratan maupun kepulauan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sumenep Sustono melalui
Kabid Kelembagaan Koperasi dan SDM, Moeh. Asy’ari mengatakan pelaksanaan Bimtek kali ini untuk memberikan motivasi dan pengetahuan tentang perkoperasian, khususnya bagi koperasi baru.

“Kunci sukses koperasi adalah pada pemahaman dan penanaman jatidiri koperasi untuk mewujudkan azas kekeluargaan dan gotong royong pada koperasi itu sendiri.

Namun, kata Asy’ari koperasi juga harus tetap mengikuti perkembangan era ekonomi kompetitif revolusi industri 4.0 dengan mulai melaksanakan sistem kepranataan yang lebih modern dan inovatif terhadap tata laksana dan pelayanan koperasi.

Menurut Asy’ari, Untuk mewujudkan koperasi yang mandiri, koperasi harus memiliki tata laksana koperasi yang baik. Dengan kepatuhan terhadap peraturan-peraturan tentang perkoperasian yang berlaku dan mengikat terhadap tata laksana koperasi.

Lanjutnya, Maka, untuk menjadi koperasi yang sehat dan mandiri, koperasi harus sehat organisasi, sehat usaha dan sehat keuangan.

Asy’ari berharap, Dengan adanya kegiatan ini semoga koperasi baru itu bertamba wawasan ilmu dan pengetahuan baik dari pengelolaan, kegiatan usaha dan pelaporanya.(Devi/Rest/Apo)

Komentar