Peduli Kesehatan ODGJ, Puskesmas Dasuk Lakukan Kunjungan Ke Rumah Secara Rutin

Kesehatan5 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Puskesmas Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, rutin melakukan program kesehatan jiwa berbasis keluarga dan masyarakat.

Kepala Puskesmas Dasuk dr. Zulfa Ulin Nuha mengatakan bahwa pelaksanaan program kesehatan jiwa ini dilakukan oleh Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan jiwa.

“Kita lakukan secara rutin yaitu melakukan kunjungan terhadap penderita kerumahnya masing-masing, ” terang dr. Zulfa. Jumat 26/3/2021

Menurut dr. Zulfa peningkatan kualitas hidup ODGJ juga semakin sulit dilakukan oleh pihak keluarga dan masyarakat, sebab pengetahuan terhadap ODGJ masih rendah.

Lanjut dr. Zulfa, namun pihaknya berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara komprehensif, berkesinambungan dan bermutu melalui pelayanan kesehatan berupa upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.

dr. Zulfa menambahkan, dengan kurangnya pengetahuan, sehingga ODGJ belum memiliki kepatuhan dalam mengkonsumsi obat secara rutin.

dr. Zulfa berharap kepada kepada pihak keluarga untuk lebih peduli terhadap ODGJ sehingga pengawasan maupun pengontrolan dalam patuh minum obat terjamin dan teratur.

Selain itu, kata dr. Zulfa dalam penanganan terhadap ODGJ sangat dibutuhkan peran keluarga dan warga masyarakat.

Diharapkan melalui kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Dasuk ini hidup ODGJ menjadi lebih baik, keluarga dan masyarakat dapat berpartisipasi dengan pro aktif serta lintas sektoral dapat bekerjasama dengan baik.(rest/apo)

Komentar