Mengutamakan Keselamatan Dilingkungan Rumah Sakit, RSUD Moh. Anwar Sumenep Menerapkan Sistem K3

Infrastruktur36 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Selain memberikan kenyamanan pasien dan pengunjung, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura Jawa Timur, menerapkan sistem Kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Komite K3 Hermanto S. Kep. Ners di ruang kerjanya. Senin (24/5/2021).

Selain dituntut mampu memberikan pelayanan dan pengobatan yang bermutu, Rumah Sakit juga dituntut harus melaksanakan dan mengembangkan program K3 di Rumah Sakit (K3RS) yang terdapat dalam instrument akreditasi Rumah Sakit.

Menurut Herman, salah satu program yang diprioritaskan dalam sistem K3
yakni kebakaran dikarenakan fasilitas sarana dan prasarana yang semakin bertambah yang ada di rumah sakit Moh. Anwar Sumenep ini, “jelas Herman

Sedangkan bertambahnya fasilitas sarana dan prasarana dirumah sakit, sehingga sangat berpotensial terhadap resiko kebakaran, ” terangnya

Selain itu, rumah sakit Moh. Anwar Sumenep juga menyiapkan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) di setiap ruangan, seperti diruang kerja karyawan, Poli dan ruang rawat inap, ” paparnya

Disamping memberikan pelayanan yang maksimal, kata Herman, rumah sakit Moh. Anwar Sumenep juga telah memberikan pelatihan terhadap tenaga medis terkait APAR.

Herman menegaskan, tujuan dari kegiatan K3 ini ialah mengurangi resiko yang mengancam petugas medis, pasien dan pengunjung di rumah sakit Moh. Anwar Sumenep.

Bahkan K3 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit, khususnya dalam hal kesehatan dan keselamatan bagi SDM Rumah Sakit, pasien, pengunjung atau pengantar pasien, masyarakat sekitar Rumah Sakit. (Devi/Apo)

Komentar