Gelar Musrenbang RKPD, Bupati Achmad Fauzi Menetapkan tujuh Prioritas Pembangunan

Pemerintahan36 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur. mengadakan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021, yang dibuka langsung oleh bapak Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH. Senin (29/3/2021)

Pelaksanaan Musrenbang untuk penyusunan rancangan RKPD tahun 2022, melahirkan program yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan saat ini dan masa mendatang.

Pemerintah Daerah menetapkan tujuh prioritas pembangunan sebagai bentuk implementasi dari tema RKPD Kabupaten Sumenep tahun 2022, yaitu Penguatan UMKM dan industri olahan sebagai daya tarik pariwisata dan investasi daerah.

“Untuk menyerap tenaga kerja dan mengakselerasi pertumbuhan, penyediaan infrastruktur penunjang aksesibilitas dan pelayanan dasar sebagai pengungkit berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan daerah yang berwawasan lingkungan, pemenuhan standarisasi layanan pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat sesuai Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berdaya saing,” Tegasnya

Kemudian pelestarian nilai seni dan tradisi yang berasaskan agama dan budaya lokal, peningkatan hasil produksi pertanian dan perikanan menuju kemandirian pangan,

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menjelaskan, program prioritas yang harus dilakukan untuk mengendalikan pandemi COVID-19 agar kembali pada zona hijau.

Disamping itu, Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep, Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si mengungkapkan, pelaksanaan proses perencanaan pembangunan daerah telah dilakukan dengan beberapa tahapan sebelumnya, antara lain Musrembang desa dan kecamatan, forum konsultasi publik, forum lintas perangkat daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten.

Menurutnya, tujuan Musrembang ini untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari berbagai elemen, sekaligus penyelarasan sinkronisasi program prioritas pembangunan baik dari regulasi maupun anggaran.(yati/apo)

Komentar