Fisioterapi Menjadi Andalan RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Direktur dr. Erliyati Tetap Memberikan Pelayanan Prima Dan Profesional

Infrastruktur299 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura Jawa Timur, menjadi pusat rujukan sarana kesehatan dan yang menjadi adalah instalasi fisioterapi dalam melayani pasien syaraf dan penyakit dalam.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati M.Kes bahwa dengan adanya layanan di instalasi fisioterapi menjadi salah satu andalan di RSUD Sumenep, sebab instalasi ini selalu ramai dikunjungi pasien syaraf dan penyakit dalam. Rabu 03/3/2021

Sehingga berbagai peralatan medis dan tenaga terus disuport untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pasien untuk memberikan pelayanan prima dan profesional, ” ungkapnya dr. Erli

Menurut Erli, sedangkan untuk alur pelayanan di instalasi fisioterapi RSUD Sumenep bagi setiap pasien mendaftar dulu diloket pendaftaran dengan mengambil nomor antrian.

Setelah itu, kata Erli, pasien baru diperiksa oleh dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis syarat yang ada di poli untuk memastikan penyakit yang diderita pasien serta rekomendasi pengobatannya dan baru dilakukan terapi oleh terapis.

Erli menjelaskan, ada beberapa kasus yang dapat ditangani fisioterapi, diantaranya nyeri pinggang (LBP), osteoarthitis (OA) /pengapuran sendi, trigger finger, kaku sendi bahu (Frozen Shoulder), nyeri tengkuk, plantar fascitis/ tendo fascitis, rematik /rhematoid arthristik, vertigo, bell’s palsy (mulut dan wajah merot), stroke (lumpuh separo), fraktur (patah tulang), Myalgia (nyeri otot) hingga batuk pilek yang menahun juga bisa ditangani di fisioterapi.

Bahkan, kata Erli Stroke, nyeri pinggang, tulang belakang, astmah, pengapuran sendi lutut, menjadi kasus yang banyak ditangani di fisioterapi RSUD Sumenep.

Lanjut Erli, terapi ini tidak dilakukan sekali atau dua kali, tapi para pasien dijadwalkan hingga 3 kali sepekan atau sekali sepekan. Namun pasien yang diterapis juga didorong untuk melakukan tindakan serupa saat di rumah.

Erli menyampaikan, instalasi fisioterapi merupakan sarana pendukung layanan di RSUD Sumenep dan ketersediaan tenaga medis juga dokter spesialis yang haldal.(apo/rest)

Komentar