DPRD Sumenep Minta Pemkab Tingkatkan Status Puskesmas Sapudi Naik Jadi Rumah Sakit

Infrastruktur60 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Anggota DPRD Sumenep, minta Pemkab Sumenep, Madura Jawa Timur, meningkatkan status Puskesmas Pulau Sapudi menjadi Rumah Sakit Tipe D.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat Kepulauan terutama yang tinggal di dua Kecamatan Pulau Sapudi, yaitu Gayam dan Nonggunong.

Anggota DPRD Sumenep asal Pulau Sapudi, Akhmad Zainur Rahman menyampaikan ditengah pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

”Kebetulan saat ini, Pemkab bersama DPRD tengah merumuskan RPJPD, sehingga peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Kepulauan diantaranya dengan menaikkan status Puskesmas perlu direncanakan ke depan, seperti di Sapudi,” ungkap Zainur Rahman, Selasa (18/6/2024).

Hingga saat ini, kesenjangan mutu layanan kesehatan antara daratan dengan Kepulauan masih terasa. Di Pulau Sapudi misalnya, pelayanan kesehatan hanya di Puskesmas dengan tingkat layanan terbatas.

”Sangat dasar sekali, jika harus operasi atau perlu rujukan ke rumah sakit, harus ke daratan,” ungkap Politisi Demokrat ini.

”Itupun, butuh perjalanan laut berjam-jam. Lalu, bagaimana jika emergency?,” tambahnya.

Pelayanan kesehatan menjadi hak dasar setiap warga negara tidak terkecuali di Kepulauan. Pemkab memiliki kewajiban untuk menunaikan hak dasar warganya tersebut supaya bisa merasakan mutu layanan kesehatan yang memadai.

”Kami di Legislatif akan terus mendorong supaya harapan warga Kepulauan khususnya Sapudi terhadap Rumah Sakit di Pulaunya bisa terwujudkan,” ucapnya.(*)

Komentar