Bupati Sumenep Bersama Wabup Achmad Fauzi Resmikan Jalan Lingkar Utara

0
436
Foto: pemotongan pita peresmian jalan lingkar utara oleh Bupati Sumenep bersama Wabup Achmad Fauzi

Sumenep, Bongkar86.com – Bupati Sumenep A. Busyro Karim resmikan Jalan Lingkar Utara, Kecamatan Kota, Bupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, Selasa 26/1/2021

Dalam peresmiannya Bupati di dampingi Wabup Achmad Fauzi, Sekretaris Daerah Ir. Edy Rasyadi, M.Si, Kepada Dinas PU Bina Marga Sumenep Ir. Eri Susanto, M.Si, Kapolres AKBP Darman, S.I.K, Dandim 0827 Letkol Inf Nur Cholis,
Kepala Kejaksaan, Kepala PN, Ketua DPRD Sumenep dan seluruh kepala OPD Sumenep.

Kepala dinas PU Bina Marga Ir. Eri Susanto dalam laporannya memyampaikan peresmian jalan lingkar utara dengan menggunakan anggaran puluhan miliar ini merupakan akses jalan yang sangat di harapkan oleh masyarakat sumenep, terutama untuk mengurangi kepadatan jalan kota, yang sangat di padati oleh kendaraan bermotor serta mendukung percepatan perekonomian yang menghubungkan jalan ke utara dan ke timur.

Sedangkan proses pembuatan jalan lingkar utara ini di mulai dengan pembebasan lahan pada tahun 2016 sampai 2018 dengan anggaran kurang kebih 5 Milyar.

Munurut Eri, untuk pembangunan fisik jalan lingkar utara ini di lakukan dalam waktu 2 tahun, diantaranya pada tahap pertama yaitu di tahun anggaran 2019 dengan menggunakan sumber dana dari APBD kurang lebih 15 milyar dengan masa pelaksanaan 5 setengah bulan.

Lanjut Eri, tahap kedua, dalam anggaran tahun 2020, dengan menggunakan sumber dana APBI yaitu kurang lebih 22 milyar dengan masa pelaksanaan 6 bulan.

Alhamdulillah pada pertengahan bulan desember 2020 telah di selesaikan secara tuntas dengan panjang jalan kurang kebih 2,4 kilo meter, sehingga panjang total jalan lingkar utara adalah 3,9 kilo meter.

Sehingga, kata Eri jalan lingkar utara terdapat dua nama yaitu jalan yang arah Desa Kebunan akan di beri nama jalan kiai Mutfar dengan panjang 2,2 kilo meter, dan untuk jalan yang menuju ke Desa Parsanga akan di beri nama jalan Sidi Puri dengan panjang 1,7 kilo meter.

Harapan kami dengan adanya jalan lingkar utara ini semoga akan ada peningkatan dalam arus perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sumenep, terutama pada masa saat ini akibat dari dampak pandemi covid-19.

Sementara Bupati Sumenep Dr.KH.A. Busyro Karim, M. Si mengatakan pembangunan jalan lingkar utara sebelumnya sangat banyak sekali rintangan dalam pembangunan jalan ini, entah dari petani, atau masalah pertanahan.

Bahkan, kata Buya akses jalan lingkar utara ini untuk umum masyarakat sumenep, tidak untuk pribadi.

Tetapi dengan perjuangan dan dukungan dari warga sempat alhamdulillah jalan lingkar utara selesai juga dengan bagus dan nyaman.

Buya berharap semoga jalan ini bermanfaat bagi warga sumenep dan masyarakat luas dalam neningkatkan perekonomian.(apo/dila/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here