Antisipasi Kebakaran, RSUD Moh Anwar Sumenep Pasang 60 Apar Thermatic

Kesehatan34 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Antisipasi terhadap potensi terjadinya kebakaran, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar, Sumenep, Madura Jawa Timur, memasang 60 alat pemadam api ringan (Apar) otomatis alias apar thermatic.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD dr Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati melalui Ahli keselamatan dan kesehatan kerja (K3) RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Herman Wahyudi. Jumat 10/02/2023

Menurut Yudi, pemasangan apar thermatic ini dengan Tagline “Bismillah Melayani” program Bupati Sumenep Fauzi-Eva untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan, khususnya dari musibah kebakaran.

Lanjut Yudi, ada 60 apar thermatic yang dipasang disejumlah ruangan.

Bahkan, kata Yudi adanya alat ini agar masyarakat dan petugas yang ada di rumah sakit merasa lebih aman dan nyaman.

Sedangkan alat tersebut, kata Herman berfungsi sebagai pemadam api yang bekerja secara otomatis berdasarkan kondisi-kondisi tertentu.

Yudi menjelaskan ruangan yang dipasangkan apar thermatic yakni seperti di ruang travo, operator, mesin, server, hingga apotek. “Kami juga memasang di ruangan – ruangan yang dalam 24 jam tidak selalu ada orangnya.

RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep juga tersedia 122 apar manual yang siap dipakai kapan saja. Bahkan di tiap ambulance rumah sakit juga disediakan.

Sementara Kabid Damkar Sumenep
Subyakto menyampaikan bahwa pemasangan apar thermatic akan mendeteksi keadaan suhu yang ada di suatu ruangan, dan akan bekerja jika detektor di ujung atau bulb pecah. Biasanya ketika temperatur suhu di suatu ruangan sudah mencapai sekitar 60° C.

“InsyaAllah, sistem proteksi kebakaran di RSUD dr. H. Moh. Anwar ini sudah sangat bagus dan modern. Semua itu supaya masyarakat dan semua petugas di sini merasa lebih aman, khususnya dari kebakaran.(Apo)

Komentar