Warga Pesisir Kaduara Timur Sumenep Gelar Petik Laut Sebagai Bentuk Rasa Syukur

Infrastruktur215 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Warga pesisir Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, gelar petik laut. Selasa 18/6/2024

Warga begitu antusias mengikuti tradisi turun temurun warisan leluhur tersebut. Mereka telah menyiapkan beragam sajian yang ditempatkan di sebuah perahu kecil dengan sebutan “Jitek” sebagai simbol kemakmuran para nelayan dan selanjutnya dilakukan pelarungan ke tengah laut menggunakan kapal nelayan.

Rahmat selaku Ketua panitia menyampaikan bahwa petik laut merupakan tradisi tahunan masyarakat pesisir di Desa Kaduara Timur. Sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan atas hasil laut dan keberkahan yang diterima nelayan warga Pragaan.

“Saya berterimakasih yang sebesar-besarnya pada Forpimka Pragaan yang sudah berkolaborasi dengan panitia petik laut dan masyarakat yang telah memberikan supportnya. Sehingga rangkaian kegiatan petik laut dapat terselenggara dengan baik dan lancar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kaduara Timur Prayetno mengaku akan terus mendukung dan melestarikan tradisi petik laut yang bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antar nelayan dan pihak desa setempat.

“Tentu dengan tasyakuran para nelayan ini semua bisa selamat, makmur dan sejahtera. Ke depan tangkapan ikan semakin melimpah dan warga pesisir bisa sejahtera,” ujarnya

Lanjutnya, Mari bersama-sama bangkit para nelayan untuk bisa mandiri dengan cara membuat sebuah koperasi kelompok. Baru setelah itu menentukan arah pemasaran yang mandiri, hingga memiliki tempat pelelangan ikan dan pengeringan ikan secara mandiri,” tambahnya.(Ayud/Apo)

Komentar