Tanamkan Keselamatan Sejak Dini, Kasat Satlantas Polres Sumenep AKP Nasution: Pakai Helm dan Jaket Bagi Anak Kita

0
22

SUMENEP, Bongkar86.com – Dalam rangka glorifikasi Keselamatan berlalu lintas sejak dini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumenep, Madura Jawa Timur, melakukan simulasi penggunaan helm SNI yang benar. Rabu 25/1/2023

Acara simulasi dipimpin langsung oleh Kanit Dikyasa Bripka Nova Aprianto,S.H bersama polwan cantik dan diikuti puluhan anak TK dihalaman Satpas SIM.

Kasat Lantas Polres Sumenep AKP A. Nasution, SH. MH menyampaikan bahwa kegiatan itu untuk memberikan himbauan kamseltibcar lantas sejak dini.

“Kegiatan edukasi dan simulasi penggunaan helm SNI yang benar, ” jelas Kasat AKP Nasution mantan Kasat Lantas Polres Sampang

Sebab, Menurut AKP Nasution, pihaknya sering kali menjumpai orang tua atau pun orang dewasa saat berkendara mengajak anak-anak tanpa menggunakan helm atapun jaket.

“Padahal, kata Kasat AKP Nasution helm yang berstandar SNI dirancang untuk melindungi kepala dari fatalitas akibat benturan, ” terangnya

Helm SNI terdiri dari 3 lapisan, yaitu : 1. lapisan luar yang keras (hard outer shell) yang merupakan bagian terluar dari helm yang berfungsi untuk pecah jika mengalami benturan untuk dapat mengurangi dampak tekanan sebelum sampai ke kapala, bahan ini terbuat dari bahan polycarbonate.
2. lapisan dalam yang tebal (inside shell or liner) yang berfungsi untuk meredam benturan dan gesekan ketika helm bersentuhan dengan objek tak bergerak. tujuannya untuk melindungi tulang tengkorak dari keretakan. lapisan ini terbuat dari bahan polystyrene (styrofoam).
3. lapisan dalam yang lunak (comfort padding) merupakan bagian dalam yang terdiri dari bahan lunak dan kain untuk menempatkan kepala secara pas dan tepat di dalam rongga helm. Selain ketiga lapisan tersebut terdapat kaca sebagai pelindung mata dari debu.

Meskipun bukan sebuah perlengkapan wajib, AKP Nasution menegaskan memakai jaket saat berkendara sangatlah penting, tidak hanya melindungi dari panas maupun dingin namun juga bisa mencegah berbagai penyakit.

Anak merupakan generasi penerus kita, hendaknya kita sebagai orang tua sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara bagi anak kita.Selalu gunakan helm SNI dan pakaikan Jaket bagi anak kita, keselamatan bukan hanya milij orang dewasa saja.

Bahkan, AKP Nasution menambahkan anak-anak kita pun mempunyai hak untuk mendapatkan keselamatan.(apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here