Stabilkan Harga Sembako, Pemkab Sumenep Melalui DKPP Adakan Gerakan Pangan Murah

Pemerintahan123 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), untuk menstabilkan pasokan dan meredam kenaikan harga menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah/2024.

“GPM merupakan program Badan Pangan Nasional (BPN) untuk membantu meringankan beban masyarakat saat harga sembako melonjak naik menjelang lebaran,” kata Kepala DKPP Kabupaten Sumenep Chainur Rasyid di sela-sela GPM, di areal timur Taman Potre Koneng, Senin (01/04/2024).

Sembako yang dijual di GPM, di antaranya beras, minyak goreng dan gula pasir dengan harga jelas lebih murah dari pasaran. Untuk itu, agar persediaan barang bisa dirasakan masyarakat diberlakukan pembatasan pembeliannya.

“GPM agar bermanfat bagi masyarakat ada ketentuannya, yakni setiap satu orang pembeli hanya bisa mendapatkan satu paket beras baik jenis premium, medium dan lokal serta minyak goreng,” terangnya.

DKPP untuk melaksanakan GPM bekerja sama dengan Bulog Madura serta ID Food dalam upaya menekan harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Sumenep, seperti beras dan minyak goreng.

“Kami di GPM juga menjual hasil pertanian masyarakat, antara lain bawang merah, selada, cabai merah, telur dan lainnya,” jelasnya.

Gerakan Pangan Murah dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sumenep Abd. Madjid,. Masyarakat yang hadir sangat antusias menyambut GPM untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. (Apo)

Komentar