Permudah Bantuan Bencana, BPBD Sumenep Luncurkan Aplikasi E-SUTANGGAP

0
410

Sumenep, Bongkar86.com – Kepala BPBD Sumenep Abd. Rahman Riadi berikan beberapa bantuan terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam di tahun 2021. Sabtu 25/12/2021

Hal itu dilakukan untuk membantu atau meringankan beban masyarakat yang menghalami kesusahan akibat bencana yang menimpanya.

Kepala BPBD Sumenep Abd. Rahman Riadi mengatakan akibat dari curah hujan yang tinggi menyebabkan tangkis laut di Desa Ambunten Timur, Kecamatan Ambunten porak-poranda hingga menimpa rumah warga.

“Ada 5 rumah warga yang mengalami kerusakan dan kami sudah berikan bantuan sembako, terpal dan juga kebutuhan makanan siap saji yang bisa meringankan beban mereka”.

Sedangkan, untuk bantuan kerusakan itu harus melalui aplikasi E-SUTANGGAP, jadi korban tidak harus datang kesini tapi melalui aplikasi E-SUTANGGAP.

“Mereka bisa menginput jenis kerusakan dengan syarat mengisi data KTP dan KK serta foto kerusakan tampak depan dan tampak samping, disertai nomer rekening, karena kita akan transfer langsung,”

“Untuk daerah kepulauan sendiri yaitu daerah arjasa, angon-angon, bilis-bilis, dan kalinganyar kemarin kita sudah bantu beras untuk bisa meringankan beban mereka, ada 100 paket yang kita salurkan kepada Kecamatan Arjasa untuk didistribusikan kepada warga terdampak banjir.”

Menurutnya, kemarin kita salurkan pada masyarakat untuk di tahun 2021, ada kurang lebih hampir 600 juta yang terbagi kepada warga terdampak bencana hidrometeorologi dan angin puting beliung.

Ia berharap dalam menghadapi bencana hidrometeorologi, agar masyarakat selalu siaga waspada tidak panik dan juga kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan yang bisa menyebabkan banjir.(dian/wi2d)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here