Penderita HIV di Sumenep Meningkat

Kesehatan70 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mencatat 60 warga menderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) di 2023.

“Angka kasus penderita HIV selama 2023, meningkat dibanding 2022 kemarin dengan jumlah penderita 59 orang,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep Achmad Syamsuri.

Ia menjelaskan, tidak hanya jumlah penderita HIV saja yang mengalami kenaikan, namun angka kematian kasus tersebut juga meningkat.

“Pada 2022, angka kematian penderita HIV sebanyak 8 orang. Sedangkan 2023, terdata 14 penderita HIV yang telah meninggal dunia,” tuturnya.

Untuk penderita HIV, lanjut Syamsuri, tersebar di beberapa kecamatan baik daratan maupun kepulauan.

“Mohon maaf kami tidak bisa membeberkan secara rinci sebaran penderita HIV ini,” terangnya.

Syamsuri meminta kepada penderita HIV untuk tidak berkecil hati. Tetaplah mengikuti program pengobatan agar kesehatannya tetap terjaga. Karena hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan secara total penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ini.

“Penderita HIV harus rutin berobat. Gratis kok pengobatannya. Obat tersebut hanya untuk menjaga kesehatan penderita, bukan menyembuhkannya. Karena belum ada obatnya,” pungkasnya.(Apo)

Komentar