Menarik Wisatawan Mancanegara Berkunjung Kepulau Oksigen Giliyang, Bupati Sumenep Dukung Penerbangan Seaplane C-208A

0
320

Sumenep, Bongkar86.com – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, menyambut baik penerbangan jalur wisata dari Bali menuju pulau oksigen Giliyang Kecamatan Dungkek dengan seaplane atau pesawat yang bisa mendarat dan lepas landas di atas air.

Hal itu, untuk menarik wistawan mancanegara berkunjung ke pulau Oksigen Giliyang Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, Senin 26/4/2021

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH mengatakan, program Puslitbang Transportasi Udara Balitbang Perhubungan Kemenhub sangat mendukung perkembangan objek wisata di Kabupaten Sumenep khususnya diwilayah kepulauan.

“Sedangkan Kabupaten Sumenep memiliki 126 pulau. Sehingga membutuhkan transportasi udara dengan seaplane C-208A Travira Air untuk menuju objek wisata.

Menurut Fauzi, Dengan adanya seaplane C-208A Travira Air mampu menarik wistawan mancanegara berkunjung ke pulau yang memiliki kandungan oksigen terbaik di Indoensia dan kedua di dunia.

Lanjut Fauzi, Penerbangan wisata jalur Bali menuju Pulau Oksigen ini menjadi solusi dan keluhan wisatawan ketika berkunjung ke objek wisata di kepulauan salah satunya Pulau Giliyang.

Fauzi menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep siap membangun Bandar Udara Perairan (water aerodrome) baik di Pulau Oksigen Giliyang maupun pulau lainnya.

“Bahkan, kata Fauzi, penerbangan pesawat terapung atau seaplane tidak hanya untuk jalur wisata saja, namun juga untuk memudahkan masyarakat menuju kepulauan.

Sementara uji coba penerbangan jalur wisata dari Bali menuju pulau oksigen Giliyang Kecamatan Dungkek menggunakan pesawat seaplane C-208A Travira Air yang digagas oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Transportasi Udara Badan Litbang Perhubungan Kementerian Perhubungan RI.

Sementara Kapuslitbang Transportasi Udara, Badan Litbang Kementerian Perhubungan, Capt. Novyanto Widadi menjelaskan bahwa penerbangan pariwista itu, menindaklanjuti hasil survey yang dilakukan pada tahun 2019 bahwa Pulau Oksigen Giliyang layak sebagai objek wisata bagi wisatawan mancanegara. (ajis/budi/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here