Mempermudah Pelayanan Memperoleh Dokumen Kependudukan, Mesin ADM Disdukcapil Sumenep Hadir di RSUD H. Moh. Anwar Sumenep

Pemerintahan87 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Mempermudah pelayanan masyarakat untuk memperoleh dokumen kependudukan, mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumenep diletakkan atau dioperasikan di rumah sakit H. Moh. Anwar Sumenep, Madura Jawa Timur.

Mesin ADM tersebut terletak dipintu masuk ruangan pelayanan administrasi yakni di ruang pendaftaran RSUD H. Moh. Anwar Sumenep. Hal itu untuk mempermudah masyarakat khususnya keluarga pasien saat memerlukan dokumen kependudukan seperti KTP-el, KK dan Akta Lahir.

“Kami menempatkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di rumah sakit untuk terus mempermudah masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan, “Kepala Dinas Dukcapil Sumenep Drs. R. Achmad Sahwan Effendi. Kamis 13/10/2022

Menurut Kadis Sahwan, mesin ADM tidak hanya di RSUD Moh. Anwar saja, tetapi dilokasi-lokasi yang banyak masyarakat membutuhkan pelayanan utamanya memanfaatkan dokumen-dokumen kependudukan seperti KTP-el, KK dan Akta Kelahiran.

“Sehingga, adanya ADM itu berfungsi dan berbetul-betul bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan dimana saja dibutuhkan, “ucap Kadis Sahwan

Kadis Sahwan menambahkan, selama ini masyarakat masih belum memanfaatkan secara maksimal dan mungkin masyarakat belum begitu paham dengan adanya ADM tersebut. Sehingga Disdukcapil terus memberikan sosialisasi tentang adanya ADM dibeberapa tempat.

Sedangkan ADM yang ada di rumah sakit H.Moh. Anwar Sumenep itu masih dalam uji coba karena yang pertama masih terjadi perubahan dan yang kedua kita masih menunggu benner petunjuk dalam penggunaan ADM tersebut.

“Artinya bagi masyarakat yang memang betul-betul belum memiliki KTP-el itu bisa menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri yang ada di rumah sakit H. Moh. Anwar Sumenep seperti KTP, KK, Akta Kelahiran.

Kadis Sahwan menegaskan, untuk persyaratan mencetak KTP-el di mesin ADM memang sama dengan membuat ATM, hanya saja untuk KTP PIN nya harus mengirimkin email ke Dukcapil dan nanti Dukcapil mengirimkan kembali PIN untuk mengoperasikannya.

Tujuan ADM diletakkan di rumah sakit H. Moh. Anwar Sumenep untuk mempermudah bagi pasien yang membutuhkan dokumen kependudukan dengan mendukung program “Bismilla Melayani” Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Fauzi & Eva.

Mesin ADM ini untuk diaktifkan atau dipergunakan masih menunggu benner petunjuk cara mencetak KTP-el dan juga menunggu jaringannya. Sebab hal ini kerjasama dengan kominfo soal jaringan internitnya.

Kadis Sahwan menghimbauan bahwa nantinya bila mesin ADM sudah berjalan lancar, maka masyarakat mempunyai banyak pilihan untuk memanfaatkan atau memperoleh dokumen kependudukan.

Saat ini, kata Kadis Sahwan Disdukcapil Sumenep untuk mesin Anjungan Dukcapil Mandiri masih memiliki 2 mesin dan dari 2 mesin tersebut diletakkan ditempat trategis yang masyarakat benar-benar membutuhkan saat itu juga.(apo)

Komentar