Kapolda Jatim Apresiasi Kinerja Kapolres Sumenep Dalam Melestarikan Budaya Lewat Ajang Pameran Keris

Infrastruktur180 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto.,M.Si meninjau langsung gelaran Pameran Keris dan Batu Akik yang digelar, serta diinisiasi oleh Polres Sumenep, Jumat (14/06/2024).

Dirinya berhasil dibuat terpukau dengan ratusan keris dari berbagai penjuru Nusantara yang dipajang rapi, lengkap dengan deskripsi mengenai pusaka tersebut.

Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto.,M.Si mengaku tertarik akan keberagaman pamor keris, yang dinilai memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam pembuatannya.

Dalam kunjungannya tersebut, Kapolda Jatim mengapresiasi kegiatan yang menjadi bagian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-78 tersebut.

Menurutnya, hal itu menjadi salah satu bentuk nyata dukungan instansi kepolisian, dalam melestarikan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, khususnya Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, Kapolres Sumenep AKBP Henri Noveri Santoso., S.H.,S.I.K.,M.M mengaku sangat bersyukur atas apresiasi yang diberikan oleh Kapolda Jatim atas penyelenggaraan Pameran Keris dan Batu Akik di Mapolres Sumenep.

Ia menegaskan, melestarikan kebudayaan memang telah menjadi bagian dari tugas dan tanggungjawab kepolisian.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh jajaran di Polres Sumenep agar senantiasa menjaga, merawat dan melestarikan budaya, khususnya Keris.

“Mari terus menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, khususnya keris,” tandasnya.

Sekedar diinformasikan, Polres Sumenep disebut sebagai pelopor penyelenggara Pameran Keris dan Batu Akik di dalam Instansi Polri. Yang mana event tersebut diikuti oleh para pecinta keris, budayawan, hingga empu keris di seluruh Nusantara.(Apo)

Komentar