Jelang Puasa dan Lebaran, BIN Gandeng Dinkes dan KB Kembali Genjot Vaksinasi

0
79

Sumenep, Bongkar86. com – Rabu (30/03) Dibukanya kegiatan keagamaan selama bulan puasa dan lebaran tahun ini menjadi perhatian khusus Badan Intelejen Negara (BIN) Sumenep dengan kembali menggenjot capaian vaksinasi Covid-19.

Menggandeng Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB), Medical Intelligence BIN Sumenep melakukan vaksinasi kepada puluhan Santri di SDI Mabdaul Falah, Desa Kaduara Timur, Kecamatan Pragaan, Rabu (30/03/2022).

Kepala SDI Mabdaul Falah M Suharyanto menjelaskan bahwa pemberian vaksinasi kali ini adalah vaksinasi dosis kedua setelah sebelumnya (25/02/2022) sebanyak 48 santri mendapatkan dosis pertama.

Pada kegiatan vaksinasi hari ini (30/03) sejumlah 62 santri dan pembimbing mengikuti vaksin kedua dan beberapa mendapatkan vaksin dosis pertama dan vaksin booster.

“Alhamdulillah, pada 25 Februari 2022 yang lalu, sebanyak 48 santri telah menerima vaksinasi dosis pertama dan hari ini, santri dan pembimbing kembali menerima vaksinasi dosis kedua dan ada yang baru mendapatkan dosis pertama dan juga vaksin booster,” jelasnya.

Ia berharap agar dengan vaksinasi ini para santri dapat terhindar dari Covid-19 dan kegiatan keagamaan selama bulan puasa serta lebaran bisa berjalan maksimal.

Kepala Puskesmas Pragaan H. Abdul Azis, S.Kep., M.Kes, menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur merupakan bagian dari serangkaian kegiatan vaksinasi Puskesmas Pragaan yang bekerjasama dengan BIN.

“Kerjasama dengan BIN Sumenep telah berhasil memberikan vaksin kepada ribuan orang di wilayah Puskesmas Pragaan baik vaksin dosis pertama, kedua maupun booster,” terangnya.

Sementara petugas Medical Inteligent BIN Anton mengungkapkan bahwa pemberian vaksinasi akan terus dilakukan sampai tercipta herd immunity atau kekebalan komunal di Kabupaten Sumenep atau paling sedikit sebanyak 80 persen penduduk di Sumenep sudah menerima vaksin primer dan booster.

“Mengutip data dari Dinas Kesehatan dan KB bahwa per-29 Maret 2022 di Kabupaten Sumenep melalui pelayanan fasilitas kesehatannya telah menyuntikkan vaksin dosis pertama Covid-19sebanyak 738.856 dosis, dosis kedua sebanyak 573.929 dosis dan vaksinasi ketiga atau booster sebanyak 34.102 dosis,” ungkapnya. (Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here