DKPP Sumenep Akan Salurkan Bantuan Hand Traktor Untuk Petani, Aktivis: Harus Tepat Sasaran

Pemerintahan1289 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menganggarkan pembelian Hand Traktor di tahun 2024 ini. Tujuannya untuk mengoptimalkan pengelolaan lahan pertanian.

Anggaran yang dianggarkan oleh DKPP Sumenep untuk pembelian hand traktor miliaran rupiah. Jumat 29/3/2024

Kepala DKPP Sumenep, Chainur Rasyid mengatakan bahwa bantuan hand traktor tersebut nantinya akan diberikan kepada Kelompok Tani (Poktan) yang belum pernah menerima bantuan sama sekali.

“Bantuan hand traktor untuk mengoptimalkan kinerja petani dalam mengolah lahan pertanian, ” tuturnya

Menurut Inung panggilan akrabnya, dengan adanya bantuan ini nantinya masyarakat khususnya petani bisa produktif lagi dalam menjaga ketahanan dan kemandirian pangan di wilayah Kabupaten Sumenep.

Sementara Nulla sebagai Aktivis menegaskan bahwa bantuan hand traktor itu harus tepat sasaran. Jangan asal menyalurkan kepada kelompok. Sebab DKPP bukan hanya sekarang memberikan bantuan hand traktor kepada Poktan, tahun-tahun sebelumnya waktu Bupati Busyro Karim juga menyalurkan hand traktor pada Poktan.

Namun, kata Nulla pemeliharaannya dan pengawasan terhadap bantuan hand traktor tersebut seperti apa di Poktan, itu yang harus kita jaga. Bukan hanya asal memberikan bantuan, petani menikmati apa tidak.

Nulla berharap kepada masyarakat agar melaporkan kepada pihak terkait apabila ada proses penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) yang tidak tepat sasaran.

“Masyarakat jangan takut untuk melaporkan atau sekalipun mengkritisi, apabila ada penyaluran bantuan hand traktor yang tidak tepat sasaran dan hanya kepentingan kelompok semata,” ujarnya.(Apo)

Komentar