Disdikbud Pamekasan Gelar Pra Kompetisi Sains Nasional 2022

0
44

Pamekasan, Bongkar86.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar pra kompetisi sains nasional (KSN) tahun 2022 di SMPN 4 Pamekasan, Jum’at (1/4/2022).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 506 siswa perwakilan dari sekolah menengah pertama (SMP) di 13 kecamatan, baik SMP negeri atau pun swasta. Rinciannya, mata pelajaran IPA sebanyak 171 siswa, IPS 163 siswa, dan mapel matematika diikuti oleh 172 siswa.

“Kegiatan ini terlaksana melalui beberapa tahap yang kita lakukan, kami sudah kumpulkan seluruh pengurus MGMP (musyawarah guru mata pelajaran) di tiga mapel, yaitu IPA, IPS dan matematika,” terang Kasi Pembinaan Peserta Didik dan Pembinaan Karakter Disdikbud Pamekasan, Munhari.

Menurutnya, siswa yang lolos dalam seleksi pra KSN akan mengikuti KSN tingkat kabupaten. Oleh karena itu, berbagai pembinaan dan persiapan telah dilakukan agar acara tersebut menghasilkan out put yang berkualitas.

“Kita sudah melakukan seleksi untuk calon pembina KSN di Kabupaten Pamekasan. Hari kemarin baru saja berakhir selama tiga hari berturut-turut kita sudah melakukan pembinaan kepada calon pembina KSN,” tandasnya.

Dia menerangkan, pada pelaksanaan KSN tingkat nasional tahun 2021, Kabupaten Pamekasan berhasil meraih juara tiga mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di tingkat nasional. Harapannya tentu tahun 2022 mendapat hasil yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini sesuai dengan apa yang kita harapkan, sesuai dengan target yang ingin kita capai. Mudah-mudahan tahun ini di bidang studi IPA, IPS, dan matematika bisa masuk di peringkat nasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta mensukseskan kegiatan tersebut. Baik kepala sekolah, pembina, guru pendamping, dan dari disdikbud sendiri.

“Saya bangga sekali bertemu adik-adik semua, setidaknya adik-adik adalah perwakilan dari sekolah masing-masing. Karena menjadi perwakilan, berarti adik adik ini anak-anak terbaik di sekolahnya masing-masing,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Dia mengaku akan lebih bangga jika diantara siswa yang ikut dalam kegiatan pra KSN tersebut menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten, provinsi, dan tingkat nasional yang akan membawa nama baik Pamekasan.

“Acara ini akan menjadi sejarah bagi adik-adik semua, setidaknya adik-adik punya history, profil dan punya portofolio bahwa adik-adik pernah dikirim dari sekolahnya, apalagi sampai menang di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional,” ungkapnya.

Dia berharap, pelaksanaan pra KSN berjalan lancar sesuai harapan dengan menghasilkan out out yang mampu berdaya saing di tingkat kabupaten hingga tingkat nasional.
“Apabila adik-adik menjadi juara nasional, tentu menjadi tangga untuk menjadi orang sukses di masa depan,” pungkasnya.(ayu/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here