Dekatkan Layanan Kesehatan, Dinkes P2KB Sumenep Terapkan Posyandu ILP

Kesehatan163 Dilihat

SUMENEP, BONGKAR86.com – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep terus berupaya melakukan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Salah satunya melalui posyadu Integrasi Layanan Primer (ILP), untuk memberikan pelayanan mulai tingkat desa hingga dusun, sehingga memudahkan masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan.

“ILP bagian memperkuat promosi dan pencegahan melalui skrining penyakit agar sebelum sakit sudah bisa dideteksi, sekaligus memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi dan pemantauan melalui dashboard situasi kesehatan perdesa,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep Ellya Fardasah. Rabu (29/11/2023).

Petugas kesehatan beserta kader posyadu dengan ILP tidak hanya melayani ibu hamil dan balita saja, melainkan juga anak-anak, remaja, dewasa dan lansia, sehingga semua siklus hidup memperoleh layanan dan akses kesehatan.

“ILP ini adalah bagian transformasi pelayanan kesehatan untuk menerapkan siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan kesehatan dengan fokus utamanya di layanan primer seperti promotif dan preventif,” terangnya.

Ellya Fardasah mengharapkan bantuan dan peran serta elemen masyarakat dalam mewujudkan ILP, karena pihaknya tidak bisa bekerja sendiri dalam menyukseskan kegiatannya di desa dan dusun.

“Dinkes P2KB berkomitmen menciptakan masyarakat Kabupaten Sumenep yang semakin sehat dan sejahtera, karena itulah demi mewujudkan Posyandu ILP membutuhkan peran serta berbagai unsur masyarakat,” pungkasnya.(Apo)

Komentar