Bupati Sumenep Ajak Pelaku UMKM Bergabung ke Katalog Elektronik

Infrastruktur85 Dilihat

SUMENEP, Bongkar86.com – Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sangat bagus hingga 4 persen. Angka ini menunjukkan jika perekonomian di Sumenep membaik.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan, dengan pertumbuhan pelaku UMKM yang tiap tahun ada kenaikan, sudah saatnya bergabung ke katalog elektronik.

“Jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep di atas angka 2.000 lebih. Tapi yang bergabung dengan pemerintah sekitar 490. Makanya kami mengajak yang lain untuk segera bergabung,” ujar Bupati Sumenep, H. Achmad Fauzi Wongsojudo, saat menghadiri Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Pemberdayaan UMKM pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Katalog Elektronik, yang digelar Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI, di Hotel Kaberaz, Kecamatan Kota Sumenep, Rabu (29/05/2024).

Acara yang diprakarsai LKPP tersebut diikuti 300-an pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep.

Bupati mengatakan, dengan bergabung ke dalam katalog elektronik maka banyak kemudahan untuk mempromosikan produk UMKM.

“Sekarang serba memakai E-Katalog pada setiap kegiatan pemerintah. Nah, ketika sudah bergabung maka penyelenggara cukup memilih di katalog elektronik untuk kebutuhan kegiatan,” tuturnya.

Sementara Sekretaris Utama LKPP RI Iwan Herniwan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini untuk memberikan bimbingan teknis Kepada pelaku UMKM Sumenep agar bergabung dengan pemerintah melalui Katalog Elektronik ini.

“Kami ingin UMKM Sumenep tumbuh berkembang dengan cepat. Karena banyak kemudahan kalau bergabung dengan pemerintah,” ungkapnya. (Apo)

Komentar