Asesmen Nasional Jadi Pengganti UN 2021, Disdik Sumenep Akan Terapkan Bulan Maret

Pendidikan48 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Mulai Bulan Maret 2021, secara serentak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, akan terapkan Asesmen Nasional. Jumat 08/1/2021

Sementara untuk menerapkan program tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep masih melakukan sosialisasi secara bertahap agar semua lembaga yang ada dibawah segera mempersiapkan.

Menurut Plt Kadisdik Sumenep melalui Kasi Kurikulum Sri Agustina mengatakan bahwa program tersebut akan dilakukan secara bertahap dan sementara untuk wilayah Kota sudah kita sosiisasikan.

Sedangkan program Asesmen Nasional adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. Singkatnya, Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah.

Menurut Sri Agustina, hal itu bisa mengukur sekolah terkait dengan kompetensi siswa. baik dari segi pengetahuan, karakter siswa dan lingkungan belajar.

Lanjut Sri Agustina, bahkan pemerintah akan memotret masing- masing sekolah dan Asesmen berbeda dengan Ujian Nasional sebelumnya.

Sri Agustina menjelaskan dalam program Asesmen Nasioanal ada 3 instrumen yang akan dilakukan, diantaranya seperti mensurvei AKM itu sendiri yang meliputi literasi dan numearasi, kemudian Survei karakter dan Survei lingkungan belajar.

Bahkan, kata Sri Agustina, nanti akan di potret secara per-Sekolah, seperti siswanya, lingkungannya apakah mendukung atau tidak.

Sri Agustina menyampaikan bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim Asesmen Nasional merupakan pengganti Ujian Nasional pada 2021, untuk menunjang tehadap penilaian mutu setiap sekolah, madrasah, dan kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.(apo)

Komentar