Antisipasi Banjir, PU Sumber Daya Air Sumenep Gencarkan Program Normalisasi Aliran Sungai

Infrastruktur53 Dilihat

Sumenep, Bongkar86.com – Antisipasi banjir diwilayah Kabupaten Sumenep, PU Sumber Daya Air Sumenep, Madura Jawa Timur, gencarkan program normalisasi aliran sungai.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala PU Sumber Daya Air Sumenep, Chainur Rasyid, SE, M.Si, diruang kerjanya. Senin 22/3/2021

“Selain untuk mengatasi sekaligus mengantisipasi terjadinya banjir yang sering melanda diwilayah Kabupaten Sumenep.

Menurut Inur, dalam rangka antisipasi banjir pada musim hujan, pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan cara melakukan normalisasi sungai.

Lanjut Inur, Sedangkan sungai-sungai wilayah yang melewati kota itu mampu untuk menampung arus air yang bisa melewati sungai tersebut sampai pada hilir sehingga mengurangi adanya luapan air yang berdampak pada banjir.

Inur menambahkan, pihaknya melakukan beberapa normalisasi badan sungai.

Inur menjelaskan, ada tiga sungai yang melewati Kota yakni sungai patrean yang hulunya ada di Kecamatan Batu Putih, itu melewati patrean sampai ke Gersik Putih lewat bandara Trunojoyo. Kemudian Kalianjuk, Kalianjuk hulunya ada di Kecamatan Rubaru Dasuk melewati sampai Kebunagung sampai jalan lingkar Kota dan kemudian di Kali Sokra ada di Jepun Kecamatan Lenteng yang hilirnya ada di Saronggi.

Dari tiga sungai ini, kata Inur yang di prioritaskan untuk dilebarkan dan dilakukan pembersihan.

Inur menghimbau, kepada seluruh masyarakat Sumenep, hendakya jangan membuang sampah di sungai. Serta, tetap menjaga kebersihan sungai. Sehingga, tidak menyumbat aliran sungai yang bisa mengakibatkan banjir.(apo/Yati)

Komentar