Wabup Achmad Fauzi Pimpin Peyusunan RKPD Kabupaten Sumenep Tahun 2021

0
93
Foto: tiga dari kiri Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat pimpin penyusunan RKPD tahun 2021

Sumenep, Bongkar86.com – Pimpin forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daera (RKPD) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, tahun 2021,

Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi berharap penyusunan RKPD tahun 2021 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah. Selasa (11/2/2020)

Bertempat di ruang rapat Arya Wiraraja Lantai II kantor Bupati Sumenep, acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Sekretaria Daerah, Asisten Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD serta camat di Kabuapten Sumenep.

Dalam Kesempatan tersebut Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi menyampaikan bahwa Sesuai dengan Permendagri nomor 86 tahun 2017, penyusunan RKPD Kabupaten Sumenep tahun 2021 harus merujuk kepada RKP tahun 2021, program strategis nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan RKPD provinsi jawa timur tahun 2021 serta RPJMD Kabupaten Sumenep.

Runtutan arah kebijakan pembangunan tersebut dilakukan untuk mensinergikan keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2021. Sehingga arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sumenep selaras dengan arah kebijakan pemerintah pusat.

Sedangkan untuk tema pembangunan di Kabupaten Sumenep tahun 2021 adalah ”akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah melalui pengembangan sektor-sektor strategis untuk mengurangi disparitas”. Ujar Fauzi

Sebagai panduan operasional untuk mencapai tema besar pembangunan Kabupaten Sumenep tahun 2021 maka ditetapkan lima prioritas pembangunan pada tahun 2021.

Lima prioritas pembangunan tersebut yakni :

1. Pembangunan sumber daya manusia (sdm) yang cerdas, sehat dan terampil serta bermartabat.
2. Pengembangan sektor ekonomi lokal yang unggul untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan.
3. Pemantapan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.
4. Pengembangan infrastruktur yang dapat menghubungkan kawasan strategis untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah.
5. Peningkatan keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat dengan memperhatikan kearifan lokal.

Wabup berharap kepada semua pimpinan dan aparatur di OPD serta seluruh stakeholder untuk bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif dan inovatif, sehingga penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2021 akan lebih terarah, terukur dan akuntabel, serta dapat menjawab isu-isu strategis.

“Saya juga berharap, penyusunan RKPD tahun 2021 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Sumenep, bukan hanya di masa sekarang, tetapi juga di masa yang akan datang.” Tutup Fauzi.(yog/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here