Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat, Dinkes Sumenep Gelar Lomba Desa Siaga Aktif

0
397
Foto ; Tim penilai saat melakukan penilai lomba desa siaga aktif

Sumenep, Bongkar86. Com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, gelar lomba desa siaga aktif.

Program desa siaga menjadi salah satu program unggulan di Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep sehingga dinas tersebut melakukan penilaian lomba desa/kelurahan siaga aktif. Bahkan kegiatannya dimulai pada tanggal 14/25 Maret 2019. Artinya, tiap-tiap kecamatan mengirimkan satu desa/kelurahan.

Kepala Dinkes Kabupaten Sumenep dr. Fatoni menerangkan, bahwa dilakukannya lomba desa siaga aktif untuk mewujudkan pembangunan kesehatan di wilayah Kabupaten Sumenep.

Foto : Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr. Fatoni

“Menurut Fatoni, desa siaga merupakan desa yang secara mandiri mampu menangani masalah-masalah ¬†kesehatan masyarakatnya. Salah satu komponen utama yang harus ada di desa siaga adalah Poskesdes (Pos Kesehatan Desa). Poskesdes dibentuk dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat serta sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya masyarakat dan dukungan pemerintah, ” jelasnya. Rabu 27/3/2019.

Lanjut Fatoni, Lomba desa siaga aktif program yang dinilai oleh tim yaitu meliputi P4K, penanggulangan bencana, pokja P4K PHBS, kesling, Pokja Kesehatan Lingkungan Pokja Gisi, Pokja Kedaruratan Kesehatan dan Bencana dan Posyandu baik balita, lansia dan taman posyandu juga ponkesdes.

“Selain itu, Kata Fatoni, Desa/Kelurahan Siaga aktif untuk mempercepat terwujudnya masyarakat desa dan kelurahan yang peduli, tanggap, mampu mengenali, mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi secara mandiri. Sehingga derajat kesehatannya masyarakat meningkat.

Selain itu, untuk memotivasi para pelaksana mengembangkan desa siaga aktif. Lomba tersebut juga untuk mengadvokasi lintas sektor dan lintas program terkait untuk memberikan dukungan kebijakan dan pembinaan dalam pengembangan desa/kelurahan siaga aktif.

“Dengan program desa siaga ini diharapkan desa tersebut mampu menangani masalah kesehatan masyarakatnya secara mandiri di mana peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk ikut terlibat di dalamnya. Dan bahkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat peduli terhadap kesehatan diri sendir maupun dilingkungan masyarakat.

Fatoni menambahkan, bagi pemenang lomba desa siaga aktif tingkat Kabupaten. Sedangkan tujuan khusus untuk meningkatkan kegiatan dan kualitas desa siaga aktif.(Rest/Apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here