Tim Penggerak PKK Sumenep Gelar Sosialisasi dan Revitalisasi Dasa Wisma

0
736

Sumenep, Bongkar86.Com– Tim Penggerak PkK Kabupaten Semenep, Madura Jawa Timur Gelar Sosialisasi dan Revitalisasi Dasa Wisma yang di selenggarakan di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Jl. Dr. Sutomo, Kabupaten setempat. Senin 10/12/2018.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh ketua PKK Kabupaten Sumenep Ibu Nur Fitriana Busyro Karim dan juga di hadiri oleh asisten pemerintah kabupaten Sumenep Drs. Ec. Carto, MM”, peserta yang menghadiri acara tersebut berkisaran kurang lebih 200 orang.

Nur Fitriana Busyro Karim selaku ketua PK, dalam sambutannya, menjelasan bahwa Dasa Wisma memiliki makna sekelompok ibu yang berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program, yang kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesejahteraan keluarga dan terfokus pada kegiatan sosial.

“Di daerah kabupaten Sumenep memiliki 330 desa dan 4 Kelurahan yg di anggap memiliki potensi luar biasa, tapi di sayangkan hingga saat ini keberadaan dasa wisma masih belum mendapatkan perhatian bersama. Padahal keberadaan Dsa Wisma sangat penting untuk sebuah program pemerintah khususnya terhadap penggerak PKK” ungkapnya.

Jika Dasa Wismanya kuat insya allah sangat membantu kepada akselerasi pembangun. Tpi secara kuantitas keberadaan dasa wisma di Sumenep belum diketahui secara pasti. Dengan itu tim penggerak PKK Sumenep beserta Dinas PMD Sumenep berinisiatif untuk mengaktifkan kembali serta akan merevitalisasi. Karena bagaimanapun dengan keberadaan Dasa Wisma sangat strategis dalam membantu melakukan kesejahteraan masyarakat. Jelasnya.

Untuk itu butuh dukungan semua pihak khususnya ketua tim penggerak PKK kecamatan, desa dan kelurahan untuk saling menguatkan serta bagaimana menguatkan kaum perempuan, karena kaum perempuan harus mampu menjadi eleman bangsa. mengingat kemajuan tidak jatuh dari langit melainkan butuh perjuangan dari bawah, dengan itu kaum perempuanlah penggeraknya, ungkap ketua PKK itu.

Sementara dalam pembukaan, dibuka oleh asisten pemerintah kabupaten Sumenep Drs. Ec. Carto, MM dalam sambutannya, keberadaan dasa wisma harus di kembangkan, karena memiki ujung tombak kabupaten serta memiliki peran penting dalam mendukung program-program PKK di tingkatan kelurahan dan desa, yang akan mempengaruhi juga di tingkat kecamatan dan kabupaten.

“Lanjutnya, dasa wisma bagian penting dalam akselerasi pembangunan daerah saat ini, serta kelompok dasa wisma dapat membantu dalam banyak hal. Misalnya, pendataan ibu hamil, jumlah bayi baru lahir, balita kekurangan gizi dan keluarga tidak mampu, karena sebagai kelompok yang ada dibawah, dianggap mampu memberikan data yang valid, ungkap Drs. Ec. Carto, MM”

Perempuan memiliki fungsi ganda yang harus pandai membagi waktu antara berkarier dan berumah tangga. Dengan ini perempuan semacam ini harus diberdayakan dengan memberikan dukungan moril dan materil. Oleh karena itu pemerintah daerah sangat mendukung pengembangan program ini.

Drs. Ec. Carto, MM juga mengintruksikan kepada dinas terkait dan PKK untuk melakukan pendataan dasa wisma di kabupaten Sumenep, sehingga jika jumlahnya valid akan lebih mudah mengkoordinasikan dan meletakkan potensi dasa wisma di Kabupaten Sumenep. Serta menekankan untuk di tahun mendatang di seluruh dusun dan kampung sudah terbentuk dasa wisma. Secara khusus seluruh OPD di Lingkungan kabupaten Sumenep yang memiliki akses langsung terhadap program PKK hendaknya melibatkan PKK dan dasa wisma dalam setiap kegiatan.

Harapannya, keberadaan dasa wisma di kabupaten Sumenep kedepan bukan hanya terbentuk melainkan harus di fungsikan. (Ily/Rest/Apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here