Tanggul Sungai Jebol Ratusan Rumah Desa Sendir Terendam Air

0
344

Bongkar86.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyebabkan ratusan rumah di Desa Sendir, Kecamatan Lenteng terendam air, Kamis (21/12/2017). Banjir terjadi setelah tanggul sungai di desa tersebut jebol, akibat tidak sanggup menahan derasnya air.

Pantauan dilapangan, banjir terjadi dengan ketinggian air mencapai batas lutut orang dewasa, hingga mengakibatkan air masuk ke dalam rumah warga. Sesuai informasi yang dihimpun media ini, jebolnya sungai, setelah sebelumnya hujan deras turun selama kurang lebih 5 jam.

Menurut salah seorang warga Desa Sendir, Takiyah mengungkapkan, kondisi seperti ini sudah berlangsung sejak tadi malam sekitar pukul 23.00 Wib. Ketinggian air dititik tertentu mencapai sekitar 80 centimeter. “Sekarang air sudah mulai menyusut. Kalau tadi malam lebih tinggi dari ini,” ujarnya, Kamis (21/12/2017).

Takiyah menuturkan, air yang merendam ratusan rumah warga kali ini akibat tanggul sungai yang berada di selatan dan utara jebol, sehingga air menguap dan mengalir ke pemukiman warga. “ini air kiriman dari sungai yang jebol,” tuturnya.

Akibat terjangan air secara mendadak itu, sebagian warga kelabakan dan tak sempat menyelamatkan sejumlah barang miliknya. “Ya bingung mas, tiba-tiba air datang dan semakin meninggi. Sehingga ada sebagian barang yang tidak bisa diselamatkan,” imbuhnya.

Sementara pantauan media ini, selain mengakibatkan ratusan rumah terendam, terjangan air juga mengakibatkan ratusan hektar sawah yang ditanami padi ikut terendam air. Akibat hal tersebut, petani yang memiliki sawah tersebut terancam merugi.

Akibat terendam air, aktivitas warga sekitar terganggu. Meski begitu, hingga sekarang belum ada petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep melakukan proses tindakan membantu warga. (Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here