Sumenep Sering Dilanda Banjir, Wabup Fauzi l: Ini Akibat Menumpuknya Sampah di Saluran Air

0
423

Sumenep, Bongkar86.Com – Akibat Banjir yang melanda Kota Keris di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, setiap turun hujan Wabup Fauzi angkat bicara.

Wakil Bupati Sumenep, Akhmad Fauzi saat dikonfirmasi diPendopo Agung mengatakan bahwa terjadinya banjir setiap turun hujan di wilayah kota ini di sebabkan banyak tumpukan sampah di slogan atau gorong-gorong dan sungai sehingga aliran air macet.

“Setelah turun langsung kelapangan, saat terjadinya banjir ternyata di saluran air itu memang banyak sampah-sampah yang menumpuk sehingga menghambat jalannya air,” jelasnya, Selasa (27/2/2018).

Wabup menambahkan, ini perlu kesadaran dari masyarakat sekitar, bahwa kalau membuang sampah jangan di saluran air (slokan atau sungai) agar tidak terjadi banjir saat hujan turun.

“Akhirnya dengan menumpuhnya sampah di slogan atau disungai, air tersebut tidak bisa mengangalir sehingga air meluat ke darat dan terjadi banjir,” imbuhnya.

Fauzi berharap kepada masyarakat agar dirumahnya membuat serapan-serapan kecil untuk serapan air dan rata-rata sekarang rumah warga kebanyakan plester atau dipaving sehingga rumah tidak ada serapan airnya.

“Dan kita perlu bersama, difikirkan regulasi bagaimana komersial – komersial seperti hotel,lestoran ini tidak lagi menyedot air dari bawa tanah dan nanti harus menggunakan PDAM karena PDAM diSumenep punyak sumber yang luar biasa yang ada di Kabupaten Sumenep,artinya mampu PDAM untuk mengkafer air meneral di wilayah kota Sumenep,” sambungnya.

Bila para komersial ini tetap nyedot air dari bawa tanah lama-lama tidak terasa akan turun secara pelan-pelan dan apalagi ini di daerah perkotaan.

“Ini yang akan nantinya kita bicarakan dengan para komersial agar di gunakan sebagai mestinya,” pungkasnya.(Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here