Sumenep Masih Belum Bebas Dari Pasung

0
599
Foto Ilustrasi

Sumenep, Bongkar86. Com – orang yang terganggu dengan kejiwaannya biasanya sering melakukan hal hal yang tak wajar,terkadang dapat membuat orang lain ketakukan.bahkan kerap kali kita lihat penderita gangguan kejiwaan di pasung guna untuk menghindari dari amukannya.

Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Kesehatan Masyarakat Dinas kesehatan Kabupaten Sumenep Kusmawati mengatakan,sampai saat ini Sumenep masih belum bebas dari pasung.Hal ini bisa di buktikan dengan adanya kebiasaan yang terjadi di kabupaten paling ujung timur pulau madura orang yang terganggu kejiwaannya di pasung.

Menurut Kusmawati, gangguan kejiwaan sebenarnya bisa di sembuhkan melalui terapi dan meminta obat jiwa ke fasilitas kesehatan tanpa harus memasung.mungkin kami harus terus melakukan sosialisai kepada masyarakat untuk menghindari hal tersebut, ” jalasnya. 05/11/2018.

” Kusmawati menambahkan, Dinas kesehatan kabupaten Sumenep membuka poli jiwa di beberapa puskesmas serta melakukan kunjungan ke rumah penderita jiwa pasung dan non pasung, ” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep dr. Fatoni menjelaskan bahwa, bagi pasien yang mengganggu ketenangan masyarakat akan di rujuk ke Rumah sakit Lawang atau Rumah sakit dr. Soetomo Surabaya untuk di berikan terapi lanjutan hingga pasien sembuh.

” Lanjut Fatoni.keluarga juga sangat mempunyai peran penting untuk proses kesembuhannya.dengan memberikan orat secara rutin dan setelah sembuh dan kembali ke masyarakat tidak di diskriminalisasi untuk menjadi psikologinya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep menunjukkan jumlah penderita gangguan jiwa 2016 sebanyak 510 naik menjadi 638 pada 2017. tahun ini sebanyak 458 orang dengan jumlah kasus pasung sebanyak 16 orang. ( Rul/Apo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here