Sertijab Kapolres Sumenep diSambut Pedang Pora

0
933

Bongkar86.com – Proses serah terima jabatan Kepala Polisi Resort (Kapolres) Sumenep dari AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.I.K, SH kepada AKBP Fadillah Zulkarnain, S.I.K, SH berlangsung di halaman Mapolres Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (12/12/2017), sekitar pukul 08.00 Wib.

Pantauan dilapangan, pelaksanaan serah terima ditandai dengan Upacara Farewell Parade Kapolres Baru dengan tradisi Pedang pora dan pengalungan bunga oleh Kapolres lama AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.IK, SH.

Kegiatan tersebut merupakan tradisi bagi pejabat Kepolisian saat melakukan pisah sambut. Dan tradisi seperti ini rutin dilakukan setiap pergantian pucuk kepemimpinan di jajaran Kepolisian. Selain itu, Kapolres baru juga disambut dengan tarian ‘Muang Sangkal’ yang merupakan tarian khas Kota Sumekar ini.

Kapolres Sumenep AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.IK, SH memegang tongkat kepemimpinan di Polres Sumenep sekitar 14 bulan, mulai dari tanggal 24 September 2016 sampai 30 November 2017. Dimana sebelumnya serah terima jabatan dilaksanakan di Gedung Mahameru Mapolda Jawa Timur, 30 November 2017.

Dalam acara pisah sambut tersebut kesedihan mewarnai kepergian AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.IK, SH beserta ibu. Tetesan air mata terlihat menetes dan membasahi wajah sebagian anggota Polres Sumenep. Tampak juga karangan bunga berisikan ucapan selamat diberikan kepada kedua pejabat baru dan lama Polres Sumenep.

Dalam Sambutannya, Kapolres lama AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.IK, SH menyampaikan banyak terima kasih dan permintaan maaf yang tak terhingga. Karena menurutnya, selama bertugas di Sumenep tidak mungkin selalu bertindak benar, ada kalanya kebijakan-kebijakan keamanan di Sumenep kurang diterima oleh masyarakat. Oleh sebab itu Kapolres minta maaf kepada Warga Sumenep.

“Saya minta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sumenep, mungkin selama saya bertugas disini ada tindakan kurang benar. Saya masih Sumenep, saya akan selalu rindu Sumenep, suatu saat saya pasti akan ke Sumenep,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyampaikan banyak terima kasih kepada AKBP H. Joseph Ananta Pinora, S.IK, SH selama mengabdikan dirinya untuk masyarakat Sumenep. “Terima kasih kepada bapak Kapolres lama atas pengabdian selama ini di Kabupaten Sumenep. Semoga selalu sukses dalam menjalankan tugas,” ujar Bupati. (Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here