Sembilan Alat Rekam Rusak, Dispendukcapil Optimis Tuntas Sebelum Pemilu

0
281
Foto : Warga hendak mengurus keadministrasian penduduk di kantor Dispendukcapil Sampang.

Sampang, Bongkar86. Com – Beberapa hari yang lalu, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengirim Surat Edaran (SE) ke Dispendukcapil Kabupaten/Kota. Dalam ederannya, Dispendukcapil diperintahkan tetap memberikan pelayanan perekaman e-KTP meskipun hari libur.

Instruksi tersebut untuk percepatan masyarakat mengurus kependudukannya. Mengingat beberapa hari lagi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan berlangsung.

Kepala Dispendukcapil Sampang Ali Wafa membenarkan adanya instruksi dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dengan nada santai, Ali Wafa optimis dan mampu menyelesaikan perekaman bagi masyarakat yang belum tercover.

Karena kata pria kelahiran Sumenep itu, instansi telah secara esktra melakukan perekaman sebelum pemerintah pusat menginstruksikannya.

“Insyaallah, kami optimis sisa perekaman akan selesai,” kata Ali Wafa Kadispendukcapil Sampang, Jumat (5/4/2019).

Instansinya telah menginstruksikan kepada operator tetap melayani perekaman meski hari libur. “Disini (kantor) kami juga sediakan ruang khusus,” ujarnya.

Masih kata dia, untuk menyelesaikan tugasnya dirinya juga memanfaatkan perekaman keliling dengan mobeling keliling. “Ke Desa-desa kami pun lakukan penjemputan dengan mobil layanan itu,” katanya sembari menunjukkan kendaraan layanan.

Ditanya keberadaan dan kondisi alat rekam di masing-masing Kecamatan, Ali Wafa menyampaikan, ada sembilan alat perekaman kurang normal. Meski dalam kondisi kurang normal, tidak mengganggu proses penyelesaian perekaman.

“Kecamatannya saya lupa, datanya di Pak Edi. Tapi tidak terlalu berpengaruh karena kami lebih prioritaskan,” imbuhnya.

Untuk diketahui jumlah pendudukan Sampang sebanyak 856.414 juta jiwa, jumlah penduduk wajib e-KTP sebanyak 630.518 juta jiwa. Sementara penduduk yang sudah ber e-KTP yakni 596.180 juta jiwa dan yang belum melakukan perekaman sebanyam 34.338 jiwa. (man/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here