Sekretaris Daerah Ir. Edy Rasiyadi Hadiri Workshop Persiapan Penerapan Puskesmas BLUD Yang di Gelar Dinkes Sumenep

0
78
Foto: Sekretaris Daerah Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi

Sumenep, Bongkar86. Com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Madura Jawa Timur, menggelar Workshop persiapan penerapan Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), di Hotel Utami. Senin 09/09/2019

Sekretaris Daerah Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi mengatakan bahwa puskesmas merupakan suatu unit pelaksana fungsional yang berfungsi sebagai pusat kesehatan serta pusat pelayanan kesehatan tingkat pertama.

Bahkan menurutnya, Puskesmas juga sebagai tempat pelayanan paling dekat dengan masyarakat karena perannya strategis.

“Dari itulah maka kita terus mencari trombosan dan inovasi bagaimana pelayanan kesehatan dipuskesmas semakin baik yang salah satunya menjadikan puskesmas sebagai BLUD,” tandasnya

Sedangkan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) adalah unit kerja pada lapangan kerja perangkat daerah yang di bentuk untuk memberikan pelayanan pada maayarakat berupa penyediaan barang atau jasa yang di buat tanpa profit tetapi pada prinsip-prinsip defisiensinya.

“Tujuan dari adanya BLUD adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat, memajukan dan mencerdaskan bangsa,” imbuhnya.

Lanjut Edy, Puskesmas BLUD yang efisien dan efektif dalam memberikan pelayanan kesehatan akan mampu meningkatkan pelayanan masyarakat. Sehinggah tidak banyak masyarakat dirujuk ke rumah sakit kedepannya dengan berakhirnya pemberian pelayanan kesehatan yang promotif, prefentif di puskesmas.

Dengan adanya BLUD sumber daya manusia, pendapatan dapat ditingkatkan karena bisa melakukan bisnis sehat dengan kaidah-kaidah manegemen.

“Untuk pengolahan SDM dibutuhkan penanganan profesional agar tugas fungsi terlaksana dengan baik sesuai tugas masing-masing,” tutupnya. ( Naf/Yog/Rest).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here