Sejumlah Polindes di Kecamatan Dungkek Dibiarkan Kosong, Pelayanan Kesehatan Amburadul

0
302
Foto: Gedung Polindes Desa Romben Guna Kecamatan Dungkek

Sumenep, Bongkar86. Com – Beberapa Polindes di wilayah Puskesmas Dungkek, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dibiarkan kosong dan ditutup tanpa adanya pelayanan kesehatan dilingkungan desa.

Pantauan media ini saat investigasi ke wilayah Kecamatan Dungkek tepatnya di Desa Romben Guna tampak terlihat Polindesnya tertutup tidak ada satupun penghuninya (Petugas/Bidan).

Dari informasi yang dihimpun dilokasi, sebagian masyarakat Desa Romben Guna sangat menyayangkan kalau sampai Polindes di wilayah setempat dibiarkan kosong cukup lama. Pasalnya, tidak adanya petugas di wilayah setempat sangat berdampak terhadap pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Beredar kabar jika bidan yang bertugas di Polindes Desa Romben Guna itu sudah pindah ke kota.

“Ya pak bidan itu sudah pindah ke kota, kurang lebih sudah 2 bulanlalu,” kata salah satu warga Desa Romben Guna yang namanya tak mau dipublis dimedia, Selasa (03/12/2019).

Warga setempat sangat khawatir, sebab saat ini polindes di Desa Romben Guna dibiarkan kosong tidak berpenghuni, saat ini masyarakat apabila sakit harus langsung ke Puskesmas atau panggil tenaga kesehatan kampung sebelah.

Menurutnya, yang paling masyarakat takuti apabila ada ibu hamil yang akan bersalin.

“Harusnya pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan mengecek ke desa kami dan melihat kondisi masyarakat saat ini tanpa bidan,” keluhnya.

Sementara itu, Kapala Puskesmas Dungkek Dr. Della dikonfermasi via WhatsApp nya menjelaskan, kekosongan bidan di Polindes Desa Romben Guna itu karena bidannya di mutasi.

Bahkan menurutnya, bukan hanya di Desa Romben Guna saja yang kosong melainkan diwilayah Puskesmas Dungkek itu malah ada 6 Polindes kosong tidak ada bidannya.

“Di Puskesmas sendiri saat ini Dokter umum pun juga kurang satu,” jelasnya.

Sedangkan, menurut Della SK mutasi yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan itu sudah diterima olehnya sejak beberapa bukan lalu.

“Kami sudah terima SK mutasi sejak 01 Agustus 2019 lalu,” pungkasnya.(Yog/Naf/Rest/APO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here