Saksikanlah! Malam Minggu Besok, Pemkab Sumenep Akan Gelar Festival Musik Tong-Tong se-Madura Meriahkan Hari Jadi Sumenep ke 750

0
244

Sumenep, Bongkar86. Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) akan menggelar festival musik tong-tong dalam rangka menyambut hari jadi Sumenep ke-750.

Festival yang direncanakan digelar pada Sabtu (26/10/2019) Malam minggu tersebut akan diikuti oleh puluhan Grup musik tong-tong yang berasal dari berbagai daerah di Madura.

Menurut Carto, kepala Disparbud Sumenep mengatakan festival kali ini akan memperebutkan hadiah uang pembinaan dengan jumlah total Rp. 85 juta. Jumat 25/10/2019

Sedangkan untuk ketegori penilaiannya ada 3 unsur, pertama dari alunan musiknya, kedua Hiasan kereta dan selanjutnya Bunyi tong-tongnya.

“Dari 3 kategori tersebut akan dipilih 5 terbaik yang masing-masing akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dengan total 5 juta rupiah,” katanya.

Festifal kali ini tidak menggunakan sistem kejuaraan hanya saja akan dipilih 5 terbaik dari setiap kategori dan mendapatkan hadiah dengan jumlah sama, yang beda hanya bagi grup yang ditunjuk sebagai juara umum.

“Bagi yang juara umum hadiahnya berbeda dari 5 grup terbaik, untuk juara kami sudah siapkan total hadiah Rp. 10 juta,” jelasnya.

Carto menyampaikan peserta festival musik tong-tong tahun ini sangat membeludak, sehingga pihaknya terpaksa menutup pendaftaran lebih awal.

“Maksimal peserta festival ini sebanyak 30 grup, namun apabila ada tim yang ingin berpartisipasi kami selalu terbuka tetapi tidak akan masuk penilaian, selain yang 30 grup hanya diperbolehkan tampil tapi tidak dapat nilai,” pungkasnya.(naf/rest/apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here