Reses di Tengah Pandemi, DPRD Sumenep Perhatikan Protokol Kesehatan

0
161

Sumenep, Bongkar86.com – Meski di tengah pandemi Covid-19, semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tetap melakukan serap aspirasi atau Reses III dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kabag Humas dan Publikasi Sekretariat DPRD Sumenep, Siswahyudi Bintoro, mengatakan, reses III para anggota dewan tetap dilaksanakan selama enam hari kerja terhitung sejak tanggal 2 sampai 9 Juni 2020.

“Secara umum aturannya masih sama dengan reses sebelumnya. Tapi karena ini di tengah pandemi, maka pelaksanaan reses itu harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19,” katanya kepada awak media, Selasa (02/06/2020).

Ia menjelaskan, sesuai dengan aturan yang berlaku, setiap anggota dewan dapat melaksanakan reses di tiga titik lokasi sesuai daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

“Karena saat ini dalaam situasi virus Corona, maka reses kali ini hanya diperbolehkan mengundang sebanyak 75 orangn konstituennya. Karena pelaksanaan reses III kali ini harus tetap sesuai protokol kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Bintoro, untuk menjaga keamanan dalam mencegah penularan virus Corona. Reses kali ini dalam satu titik harus dibagi 3 sesi untuk menghindari kerumunan massa dan menjaga jarak (Sosial Distancing).

“Satu titik itu bisa mengundang sebanyak 75 konstituen masing-masing. Namun yang 75 orang ini harus dibagi menjadi tiga sesi,” ujarnya menegaskan.

Disinggung soal fasilitas medis atau alat pelindung diri (APD) saat pelaksanaan reses III tidak ada anggaran dari pemerintah. Namun anggota DPRD sendiri bisa menyiapkan bagi konstituen yang diundangnya.

“Tidak ada (anggaran untuk APD), mungkin dari Anggota DPRD ini mau memberikan bantuan seperti masker secara mandiri dipersilahkan. Cuman dari pemerintah daerah tidak ada,” pungkasnya.(Zi/icha/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here