Puskesmas Pandian Launching Program Pos Pelayanan Jiwa, Untuk Menangani Pasien Gangguan Jiwa

0
1165
Dua dari kiri Kepala UPT Puskesmas Pandian, drg. Ellya Fardhasah M.Kes di dampingi Lurah Bangselok M.Fajar Hidayat

Sumenep, Bongkar86. Com – Puskesmas Pandian Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Gelar Launching POS Pelayanan Jiwa, Ajak Keluarga dan Masyarakat ( Pos Panji Jagat ).

Acara Launching tersebut, sekitar pukul 09.00 Wob, dihadiri oleh Kepala UPT Puskesmas Pandian drg. Ellya Fardhasah M.Kes,lurahan Pandian, M.Fajar Hidayat dan puluhan warga Pandian.

Kepala UPT Puskesmas Pandian, drg. Ellya Fardhasah M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya pada hari ini menggelar Launching Pos Pelayanan Jiwa, Ajak Keluarga dan Masyarakat. Dan dalam program ini nanti setiap bulan itu akan ada pantau dari kesehatan Puskesmas Pandian untuk pasien gangguan jiwa.

Menurut Elly panggilan akrabnya program tersebut bahkan kolaborasi dengan puskesmas, masyarakat dengan beberapa lintas sektor untuk kegiatan program pos pelayanan jiwa, “jelasnya Elly. Sabtu 28/4/2018.

“Elly menambahkan bahkan program pos pelayanan jiwa itu satu-satu program yang dilakukan oleh Puskesmas Pandian dari beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumenep dibawah naungan Dinas Kesehatan Sumenep, “terangnya.

Sedangkan munculnya program tersebut berawal dari cakupan penyakit jiwa di masyarakat semakin meningkat dan setelah petugas-petugas kami yang melakukan kelapangan melalui surve KS malah disitu banyak anggota keluarga yang mempunyai penyakit gangguan jiwa . Sehingga kami punyak inisiatif untuk melakukan pengobatan terhadap penyakit tersebut dan perlu suatu wadah diluar gedung Puskesmas Pandian untuk mendekatkan kita ke masyarakat yaitu dengan cara meluncurkan program pos pelayanan jiwa di wilayah Puskesmas Pandian yang di sebut ( Pos Panji Jagat ).

“Elly menegaskan kalau program pos pelayanan jiwa baik dalam gedung maupun luar gedung semua pengobatannya Gratis tidak dipungut biaya. Dan dokter Elly nantinya untuk pelayanan kejiwaan sudah menyiapkan Dokter khusus kejiwaan untuk menangani pasien tersebut, “paparnya.

Mantan UPT Puskesmas Dungkek ini, Elly berharap kepada keluarga dan masyarakat ini juga petugas kesehatan semoga program ini berjalan dengan lancar dan bisa membantu dalam pengobatan terhadap warga yang terganngu kejiwaannya. Sehingga masyarakat yang terkenak gangguan jiwa bisa sembuh dan bisa berkarya secara mandiri dan berguna dan berguna bagi keluarga dan masyarakat, “harapnya Elly

Sementara Lurah Bangselok M.Fajar Hidayat sangat mengapresiasi terhadap program pelayanan jiwa yang dilaunching oleh UPT Puskesmas Pandian “Yas mas” kami sangat mengapresiasi sekali terhadap program tersebut sebab ini untuk membantu atau menolong warga yang sedang mengalami gangguan jiwa.

“Bahkan mereka butuh kepedulian baik dari pemerintah maupun keluarga sadangkan Puskesmas Pandian ini merupakan perwakilan dari pemerintah, “tegas Fajar

Fajar juga menjelaskan kalau program yang diluncurkan oleh Bu Elly bukan hanya dari kesehatanya saja tetapi saat bila pasien itu sembuh tidak menggur tapi sama Kepala UPT Puskesmas dikasik keahlian terhadap pasien, “ucap Fajar

Menurut Fajar itu merupakan rentetan yang bagus artinya dari pihak pemerintah menyentuh dari keluarga juga menyentuh sehingga pasien itu bisa untuk sembuh harapannya lebih besar.( apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here