Puskesmas Bluto Tingkatkan Pelayanan Bermutu Demi Kenyamanan Masyarakat

0
720

Sumenep, Bongkar86.Com – Puskesmas Bluto Kabupaten Sumenep berkomitmen akan menjadi Puskesmas yang bermutu. Baik dari sisi sarana dan prasarana lebih-lebih dari aspek pelayanan.

Kepala Puskesmas Bluto Siti Hairiyah, menjelaskan sebuah mutu pelayanan berkaitan dengan prinsip-prinsip pelayanan yang berlaku. Sehingga untuk menjadi Puskesmas yang berkualitas dalam praktek pelayanannya mengacu pada prinsip akreditasi.

“Untuk menjadi Puskesmas yang dengan pelayanan yang bermutu maka dalam pelayanannya mengikuti prinsip akreditasi,” jelasnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (12/2).

Ditambahkan, bahwa dalam akreditasi ada beberapa paradigma baru, dimana masyarakat perlu mengenal tentang paradigma itu. Misalnya dari pronon office, dimana semua kegiatan akan tercatat dalam rekam medik. Yang mana cacatatan tersebut tidak boleh dipegang pasien.

“Map yang berisi catatan rekam medik itu tidak boleh dibawah oleh pasien tetapi harus dibawa oleh petugas untuk dibawa ke unit layanan,” ucapnya.

Karena itu, diharapkan bagi petugas yang bertugas di bagian layanan itu harus berpedoman kepada rekam medik dan SOP nya. Jadi semua yang dilakukan oleh petugas di Puskesmas Bluto sudah sesuai dengan SOP.

Selain itu, petugas juga melakukan edukasi. Edukasi itu terkait dengan pola komunikasi dengan masyarakat. Karenanya masyarakat diperbolehkan menyampaikan keluhan, saran, dan masukan serta usulan-usulan untuk perbaikan layanan Puskesmas Bluto.

“Usulan atau saran itu bisa disampaikan langsung atau ditaruh di kotak saran,” paparnya.

Terkait saran dan masukan yang masuk, nantinya akan dijadikan bahan evaluasi. Sehingga Puskesmas Bluto bisa memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

“Saran itu yang kita berpacu memperbaiki diri lagi,” tegasnya.(Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here