Puskesmas Bluto Luncurkan Kartu Berobat Elektrik, Demi Kelancaran Pelayanan Pasien di Loket Pendaftaran

0
2557
Kepala UPT Puskesmas Bluto Hj. Siti Hairiyah, S. Kep. Saat menunjukkan kartu berobat elektriknya

Sumenep, Bongkar86. Com – Demi kelancaran pelayanan pasien saat berobat, Puskesmas Bluto Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Luncurkan Kartu Berobat Elektrik ( KBE)

Kepala UPT Puskesmas Bluto Hj. Siti Hairiyah, S. Kep.
mengatakan bahwa peluncuran kartu berobat elektrik ( KBE) ini, kami buat berdasarkan banyaknya keluhan dari pengunjung saat berkunjung ke pukesmas Bluto bahwa terlalu lama menunggu saat berada di tempat pendaftaran (proses) pendaftaran).

“Ternyata dari proses lamanya di pendaftaran setelah kami analisa ternyata banyak dari pasien yang tidak patuh untuk membawa kartu berobatnya sehingga kami harus mencari datanya dulu baru kami bisa melanyani pesiennya.

Dari situ kami sepakat bersama lintas sektor Kecamatan Bluto untuk membuat kartu berobat elektrik untuk mempermudah pelayanan diloket pendaftaran walaupun pasiennya sudah banyak yang antri tetapi pasien tidak terlalu lama mengantri lagi bila menggunakan kartu berobat elektrik,” jelasnya Yayak panggilang akbraknya. Senin 23/4/2018.

“Menurutnya pembuatan kartu berobat elektrik tersebut semua pesian tidak dipungut biaya semuanya gratis. Bila pasien menghilangkan kartu brobat itu, karena kartu berobat elektrik ada barkotnya sehingga data pasien semuanya ada disini, begitu masuk ke data bis kami( Puskesmas) ke aplikasi kami nanti akan nampak semua data pasien yabg ada di kartu itu. Sehingga dengan adanya kartu beribat elektrik akan mempermudah dan memperlancar proses pendaftaran di loket pendaftaran, “terangnya.

“Apabila kartu berobat elektrik itu hilang dan akan membuat lagi kartu tersebut maka di kenakan denda pembuatan sebesar RP. 3000 rupiah, “tegas Yayak.

Yayak menambahkan peluncuran kartu berobat elektrik di puskesmas Bluto ini satu-satu puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Sumenep yang pertama kali yang meluncurkan atau memakai kartu berobat elektrik ini, ” ucapnya.

“Selain itu, kami berharap bahwa kartu berobat elektrik ini salah satu dari media kepada masyarakat dimana kalau masyarakat datang ke puskesmas kami akan mudah mendapatkan pelayanan dan tidak lama mendaftar dan dengan kartu itu kami dengan mudah melayani kunjungan pasien ke puskesmas kami, “harapnya Yayak.

Sementara Komisi IV DPRD Sumenep H. Moh. Subaidi, SE sangat mengapresiasi dengan ada program kartu berobat elektrik yang diluncurkan untuk pasien khususnya masyarakata Bluto, kami sangat mengapresiasi sekali dengan program itu. Itupun kalau memang dilaksanakan dan kami pun akan memberikan respon yang cukup baik terhadap program itu.

“Menurut Subaidi panggilan akrabnya kalau memang program itu di laksanakan maka program itu merupakan percontohan di Kabupaten Sumenep sebab program itu merupakan program pertama kali yang dilakukan oleh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep.

Subaidi berharap supaya puskesmas Bluto bisa melakukan aktreditasi tahun ini dan program yang direncanakan oleh Kepala UPT terkait program kartu elektrik sebab itu merupakan salah satu upaya pelayanan yang mempermudah masyarakat sesuai dengan kondisi jaman saat ini . (Apo).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here