Pimpin Apel Kesiapsiagaan, Achmad Fauzi Ajak Semua Sektor Bersinergi Dalam Penanggulangan Bencana

0
161
Foto: Wabup Sumenep Achmad Fauzi

Sumenep, Bongkar86. Com – Dalam rangka penanggulangan bencana, Kodim 0827/Sumenep gelar apel kesiapsiagaan pasukan di lapangan timur Gedung Olahraga (GOR) A. Yani Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (18/11/2019)

Apel Kali ini dipimpin langsumg oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dan juga dihadiri oleh pejabat pemerintahan Kabupaten Sumenep, diataranya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Edy Rasyadi, Dandem 0827/ Sumenep Letkol Inf. Ato Sudiatna, perwakilan dari Polres Sumenep, Forkopimda Kabupaten Sumenep, BPBD Sumenep, BNPB dan instansi terkait.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi dalam sambutannya menyampaikan, Kendala utama penanggulangan bencana adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakteristik bencana dan resikonya dan juga kurangnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman di sekitarnya serta belum adanya pelatihan secara terpadu dan periodik.

Oleh karena itu, apel gelar kesiapsiagaan ini adalah untuk membangun partisipasi, sinegitas dan kemitraan publik dalam rangka kesiapsiagaan dan migitasi bencana di Kabupaten Sumenep.

“Kita ingin memastikan semua SDM, sarana dan prasarana penanggulangan bencana di Kabupaten Sumenep senantiasa dalam kondisi siap.” Ujar Wabub

Selain itu apel gelar kesiapsiagaan penanggulangan bencana tersebut diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyatakat terhadap bencana.

Bahkan, menurutnya bencana tidak bisa diduga kapan akan terjadi. Maka dari itu pencegahan, kesiapsiagaan, dan migitasi bencana harus dilakukan oleh semua pihak.

“Perlu adanya sebuah kesadaran bersama, penanganan bencana bukan sekedar dibebankan kepada pemerintah, tetapi butuh kerjasama yang baik dari semua pihak,” tegasnya

Kedepan pihaknya menekankan, koordinasi dan sinergi yang baik seluruh stakeholder dalam menanggulangi setiap bencana.

“Utamanya dalam hal ini, adanya kesadaran masyarakat untuk tidak merusak lingkungan dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan adanya sebuah bencana,” pungkasnya.(yog/naf/rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here