Petugas Temukan 448 Surat Suara Rusak KPU Sampang Tunggu Rekap Akhir

0
296
Foto : Tumpukan surat suara pemilu 2019 ditata rapi oleh petugas di GOR Indoor Wijaya Kusuma Sampang.

Sampang, Bongkar86. Com – Penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung di dua lokasi. Yakni di gudang 1 Jalan Makboel Sampang dan gudang 2 GOR Indoor Wijaya Sampang, Madura Jawa Timur, Selama dilakukan penyortiran dan pelipatan didua lokasi, petugas menemukan 448 surat suara rusak.

Data yang diterima Bongkar86.com, di gudang 1 ditemukan 143 lembar surat suara rusak. Rinciannya, untuk surat suara pemilihan presiden (pilres) berjumlah 90 lembar yang dikerjakan selama tiga hari. Hari pertama kerja ditemukan 48 lembar, hari ke dua sebanyak 38 lembar dan empat lembar di hari ke tiga.

Sementara penyortiran surat suara DPRD Kabupaten ditemukan 53 lembar dari dapil 5, dapil 4 dan dapil 3. Rinciannya, hari pertama dapil 5 ditemukan 5 lembar suray suara, hari kedua sebanyak 14 lembar.

Untuk dapil 4 pada hari pertama kerja ditemukan 12 lembar, hari kedua kerja berjumlah 6 lembar. Dan Dapil 3, hari pertama kerja ditemukan 16 lembar yang rusak.

“Yang belum disortir dapil 1, 2 dan dapil 6 masih proses atau berlangsung pelipatan hari ini,” kata Syaifullah Pengawas Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara KPU Sampang digudang 1.

Pria asal Sampang itu menjelaskan jenis kerusakannya dikarenakan robek, berlubang, buram atau geblur. “Rata – rata yang rusak robek dan bolong,” jelasnya. Jumat 1/3/2019.

Untuk pekerja di gudang 1 berjumlah 70 orang. Mereka dibentuk kelompok dengan jumlah 12 kelompok. “Per kelompok rata-rata 6 pekerja,” pungkasnya.

Sementara di Gudang 2 ditemukan 305 lembar surat suara rusak yang terdiri dari DPD RI dan DPR Provinsi Dapil Madura. Rinciannya, untuk surat suara DPD RI diketahui pada hari pertama kerja berjumlah 79 lembar, hari kedua sebanyak 82 lembar.

“Yang DPD RI dikerjakan dua hari oleh mereka (pekerja),” kata Saliem Pengawas Pelipatan Logistik Gudang 2.

Sementara untuk surat suara DPR Provinsi dapil Madura ditemukan 144 lembar. “Masih proses belum selesai, mungkin dua hari selesai dilipat. Untuk DPR RI menunggu surat suara DPR Provinsi,” ujar Saliem.

Rekapitulasi surat suara rusak secara keseluruhan, KPU Sampang menunggu penyortiran dan pelipatan rampung. Menurutnya hingga saat ini, surat suara banyak yang belum di sortir dan dilipat.

“Kami ini ditargetkan 10 hari selesai semuanya. Termasuk yang di gudang 1 di jalan makboel,” imbuhnya.( man/rest/apo ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here