Penyebaran Virus Covid-19 Agar Tidak Meluas, Gugus Tugas Covid-19 Sampang Gelar Rapid Test Massal di Pasar Tradisional

0
218

Sampang, Bongkar86.com – Antisipasi penyebaran virus Covid-19 dan semakin banyak pasien yang terkonfirm Positif di Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur. Sehingga Gugus Tugas Covid-19 mengelar rapid test massal di 4 pasar Tradisional. Selasa 16/6/2020

Sedangkan 4 pasar yang dilakukan rapid test massal diantaranya pasar Srimangunan, Pasar Juklanteng, Pasar Kedungdung dan Pasar Rongtengah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang Agus Mulyadi mengatakan, saat ini Kabupaten Sampang sudah berstatus zona merah, bahkan pasien yang terkonfirm Positif sudah banyak. Sehingga pihaknya melaksanakan rapid test massal disejumlah pasar sebagai upaya scraning secara masif untuk antisipasi penyebaran corona agar tidak semakin meluas.

“Sebab pasar merupakan klaster tertinggi dalam penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Menurutnya, diempat pasar tradisional, pihaknya menerjunkan petugas Puskesmas seperti Puskesmas Torjun dan Puskesmas Kamoning, Puskesmas Camplong dan Puskesmas Banjar Puskesmas Banyuanyar untuk melakukan rapid test.

Sementara dr Yuliono menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan rapid test di 4 pasar tersebut pihaknya menyediakan 1.200 unit rapid test. Namun hasil rapid test akan dapat diketahui sore hari.

“Pelaksanaan rapid test secara massal itu bertujuan sebagai deteksi dini dan kewaspadaan dini dalam upaya antisipasi penyebaran Covid – 19 supaya tidak semakin meluas di Kabupaten Sampang.

Yuliono menegaskan bila dipandang perlu dari hasil rapid test massal nanti, maka akan dilanjutkan dengan melakukan swab tes.(RH/Icha/Apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here