Penjemputan Pusaka Kraton Sumenep Menuju Desa Aeng Tong Tong

0
189

Sumenep, Bongkar86. Com – Penjemputan keris dan Pusaka Keraton menuju Desa Aeng Tong Tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Sabtu, (7/9/2019), Pendopo Agung Sumenep.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edy Rasyiadi mewakili Pemerintah menyampaikan banyak terima kasih kepada segenap pihak yang telah sudi membantu terlaksananya serangkaian acara Penjamasan Keris dan Pusaka Kraton 2019 mulai dari persiapan hingga nanti pada acara puncak yang rencananya dilaksanakan pada Hari Senin 09 September 2019.

Menurutnya, masyarakat Sumenep perlu bersyukur pasalny, Kabupaten Sumenep ini dikaruniai oleh Allah dengan sejarah masa lampau yang begitu luar biasa. Semisal, dengan adanya bangunan pendopo agung sumenep dimana ini adalah salah satu lambang kejayaan masa lalu yang harus terus dilestarikan beserta seluruh tradisi dan warisannya baik yang bersifat bendawi maupun non bendawi salah satunya adalah Keris.

“Sebagai warga Sumenep kita harus bangga bahwa pengrajin keris sumenep merupakan yang terbanyak di dunia dengan 600 orang pengrajin yang sudah di akui oleh Unisco,” katanya.

Lanjut mantan Kadis Bina Marga itu, Keris bukan sekedar bermanfaat sebagai kejayaan sejarah saja tetapi juga menjadi potensi ekonomi, potensi sosial dan tentunya potensi wisata Kabupaten Sumenep.

“Oleh karena itu kimi berharap jamasan ini harus terus kita pertahankan dimasa mendatang sebab inilah identitas Kabupaten Sumenep yang tidak akan ditemui di daerah lain. Identitas ini melambangkan kejayaan, keagungan dan kemajuan Sumenep dimasa mendatang,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap adanya kekompakan semua pihak agar seluruh rangkaian prosesi penjamasan dapat dilaksakan dan berjalan dengan baik.

“Saya imbau masyarakat juga mengikuti dan menyaksikan seluruh rangkaian prosesi yang akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 9 september 2019 nanti,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here