Pengembalian Keris Pusaka Keraton Sumenep Dari Warga Desa Aeng Tongtong ke Pendopo

0
69

Sumenep, Bongkar86. Com – Paska pelaksanaan jemasan keris pusaka kraton Sumenep dan haul akbar di Desa Aeng kemarin, Minggu (8/9/2019). Kini Pusaka Kraton Sumenep dikembalikan.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Sumenep ia menyampaikan terima kasih kepada para empuh dan sesepuh aeng tongtong, para panitia dan semua pihak yang telah mendukung sukseknya acara jamasan sejak tanggal 7 September hingga hari ini. Senin 09/09/2019.

Menurutnya, Sebagai warga Sumenep kita patut berbangga karena salah satu warisan kita yaitu Keris, dimana Keris sejak tahun 2005 telah di akui oleh PBB sebagai salah satu warisan dunia yang perlu dilestarikan dan dijaga.

“Selain itu pula Sumenep juga dinobatkan sebagai daerah yang memiliki pengrajin keris terbanyak dunia yang mencapai 650 pengrajin,” jelasnya.

Lanjut pria yang akrab dipanggil Fauzi itu, di tinjau dari berbagai aspek keris bukan semata identitas masa lalu tetapi juga telah menjadi icon ekonomi. “Keris juga telah mampu menggerakkan dan menopang perekonomian masyarakat Sumenep,” imbuhnya.

Fauzi menambahkan, kegiatan yang Pemerintah lakukan setiap tahun ini merupakan upaya untuk mendorong kekuatan kolektif budaya dan dilakukan dengan 2 hal yakni sosialisasi dan antraksi.

“Sosialisasi dilakukan dengan menginformasikan sejarah yang kita miliki pada anak cucu kita sejak dini, Sumenep yang saat ini akan berusia 750 tahun mengandung sejarah luar biasa,” tegasnya.

Pihaknya berharap di tengah derap pembangunan model dan ditengah gempuran modernisasi di segala bidang iya sangat mengharapkan agar jangan sampai mengorbankan kekayaan budaya dan tradisi.

“Kami harap budaya semacam ini jangan sampai hilang hingga kapanpun, kita memiliki tanggung jawab untuk melestarikannya bersama-sama,” tutupnya.(Kom/Naf/Rest)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here