Pemkab Gelar RAT KP-RI Sumekar Tahun Buku 2019, Ini Penyampaian Dinas Koperasi Sumenep

0
98
Foto: suasana Rapat Anggotan Tahunan(RAT) KP-RI Sumekar diaula Dinas Koperasi Sumenep

Sumenep, Bongkar86.com – Dinas Koperasi Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) KP-RI “Sumekar” Sumenep tahun buku 2019 di Aula Dinas Koperasi. Selasa 23/6/2020

Acara tersebut dipimpin langsung Herman Poernomo, Asisten II dihadiri Ketua KP-RI Sumekar, Ketua PKP-RI Daya Karya, Kadis Koperasi & UKM

Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Sumenep Drs. Ec. H. Sustono, MM menyampaikan bahwa kegiatan rapat anggota tahunan ini merupakan kewajiban yang dilaksanakan oleh koperasi siapapun koperasinya.

Foto: Kadis Koperasi Sumenep Drs. Ec. H. Sustono, MM

“Bahkan, kami dari Dinas Koperasi mewajibkan terhadap koperasi – koperasi yang ada di Kabupaten Sumenep yang belum melaksanakan rapat anggota tahunan tutup buka tahun 2019 harus melaksanakan.

Menurut Sustono, sedangkan yang punya anggota besar yang belum melaksanakan RAT yaitu koperasi kesehatan dan bahkan, Sustono berharap bulan Juni bisa melaksanakan karena ketentuannya 3 bulan sebelum tutup anggran seharusnya sudah selesai.

“Bahkan, kata Sustono Primer dan sekunder itu bulan April, kemudian bulan Mei untuk yang Provensi dan bulan Juni untuk koperasi induk dipusat.

Diharapkan dari 1600 primernya dan sekundernya itu 3, kemudian di KP-RI Sumekar ini dari jumlah yang ada belum melaksanakan secara riel. Selain itu dari koperasi manapun yang penting menyampaikan laporannya.

“Sustono menegaskan, bahwa pihaknya menjadi amat berkompeten ketika dari jumlah A keanggotaan koperasi belum memiliki nomor induk koperasi.

Sustono berharap dirapat anggota tahunan ini siapapun koperasi ini sebagai upaya membantu kesejahteraan anggotanya dan pemerintah amat berkepentingan, sehingga seberapa besar yang kontribusi untuk menghidupi koperasi masing-masing.

Sementara Bupati Sumenep A. Busyro Karim diwakili Asisten II Sumenep menyampaikan bahwa adanya rapat anggaran tahunan (RAT) KP-RI Sumekar 2019, dapat memantapkan kipra dan perananan KP-RI Sumekar Kabupaten Sumenep dalam meningkatkan kesejahteraan pada anggotanya.

“Rapat anggota tahunan merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun sebagai bentuk pertanggung jawaban pengurus dalam melakukan pengelolaan koperasi kepada anggotanya. Bahkan juga sebagai promo tertinggi koperasi untuk pengambilan keputusan-keputusan yang penting dalam mengembangkan pengajuan koperasi dan kesejahteraan kepada anggotanya.

Meurutnya, dalam penjelasan undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang koperasi disebutkan bahwa koperasi merupakan organesasi otonom dan swadaya yang diawasi, dikendalikan oleh anggotanya. Jika koperasi mengadakan pergantian dari organisasi lain termasuk pemerintah atau penambah modal dari sumber lain maka atas dasar alat yang menjamin tetap sebagainya pengawasan dan pengendalian demokratis oleh anggotanya dan tetap berkatnya otonomi koperasi.

“Ia tegaskan, Koperasi harus mampu menjalin rasa kebersamaan antara sesama anggota maupun dengan koperasi lainnya.

Saya mengharapkan kepada pengurus KP-RI Sumekar agar benar-benar melaksanakan amanat organisasi secara profesional dan berkualitas karena pada dasarnya untuk kesejahteraan para anggota.(apo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here