Meriahkan Hari Koperasi Pemkab Sumenep Gelar Lomba Karapan Sapi se Madura

0
942
Peserta karapan sapi saat berlaga

Sumenep, Bongkar86. Com – Dalam rangka menyambut Hari Koperasi serta yang merupakan rangkaian agenda Visit Sumenep 2018,Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur. Mengadakan Lomba Karapan Sapi Tradisional, Minggu 5 Agustus 2018, yang ditempatkan di Lapangan Karapan Sapi Giling, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten setempat, Dengan tajuk Lomba Karapan Sapi Tradiaional Piala Bupati Sumenep.

Acara tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, sekretaris daerah Edy Rasiadi, Kapolres Sumenep, AKBP Fadillah Zulkarnaen, dan segenap Anggota Forkopimda Kabupaten Sumenep, dan seluruh masyarakat pecinta karapan sapi se madura. Minggu 5/8/2018.

Pada kali ini, pagelaran event tersebut sama sekali tidak memakai dana APBD, melainkan dana partisipasi dari berbagai sumber, diantaranya PT Garam Sumenep, Koperasi PT Garam, Kopwan Potre Koneng Sumenep, beberapa pihak Perbankan, dan partisipasi dari Paguyuban Pecinta Karapan Sapi Se Madura.

Pada acara tersebut ada 48 peserta yang berlomba merebutkan Piala Bupati 2018.Kesemuanya berasal dari 4 kabupaten di seluruh madura.

Mewakili Pemkab Sumenep, Ahmad Fauzi selaku Wabub Sumenep memberikan sambutan dan diteruskan dengan pembukaan acara lomba.Pada sambutannya, beliau menekankan budaya karapan sapi harus terus dilestarikan dan jangan sampai tenggelam.

Karapan sapi merupakan budaya Sumenep yang sangat eksotis, budaya yang mahal sehingga tak bisa untuk dinominalkan. Budaya yang telah ada sejak jaman kerajaan dan wajib untuk terus dilestarikan, ” jelasnya Fauzi.

” Karapan sapi merupakan budaya eksotis, mahal dan tak bisa dinominalkan. Sejak jaman kerajaan sampai sekarang budaya tersebut harus tetap dilestarikan,” ujarnya.( And/Yul )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here